Cara Cek Keaslian Ijazah Online Dengan Mudah - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



Cara Cek Keaslian Ijazah Online Dengan Mudah


Untuk memastikan ijazah Perguruan Tinggi itu asli atau palsu dapat dilakukan pengecekan, jadi jika ijazah palsu data tak tidak akan tertera pada data, nah untuk memeriksa keabsahan ijazah dapat dilakukan secara online, Untuk memastikan keabsahan ijazah anda, pastikan nomor ijazah anda dapat diverifikasi melalui SIVIL.

Apa itu SIVIL sivil merupakan Sistem Verifikasi Ijazah secara Elektronik yang terintegrasi dengan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD Dikti). Untuk mengatasi munculnya ijazah palsu, Kementerian Riset Teknologi, dan Perguruan Tinggi memberlakukan Penomoran Ijazah Nasional (PIN) penomoran verifikasi ijazah secara elektronik demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat agar mudah mengecek keabsahan ijasah dengan cepat, tepat, dan akurat masyarakat dapat melakukan pengecekan ijazah tersebut. Untuk mengecek ijazah itu sendiri melalui salinan ijazah dengan cara memasukkan nomor yang terdapat pada ijazah.

Lalu bagaimana tahapan pengecekan ijazah? nah Berikut cara mudah mengecek keabsahan ijazah dengan cepat, tepat, dan akurat secara online.

1. Klik tautan https://ijazah.ristekdikti.go.id/


2. Pada halaman Formulir , silahkan isikan Nama Perguruan Tinggi yang terdapat pada ijazah , silahkan ketik 3 huruf maka akan muncul perguruan tinggi pada kolom pilihan, pastikan perguruan tinggi ada dalam daftar pilihan.


3. setelah memilih perguruan tinggi akan muncul kolom baru pilihan prodi, silahkan pilih program studi lulusan yang terdapat pada ijazah.


4. Masukan Nomor Ijazah, dimana no ijazah itu berupa kode yang berisi nomor urut mahasiswa kode prodi dan tahun kelulusan


5. Masukan jawaban angka pengaman sebagai contoh pertanyaan 13+1 maka jawabanya tentusaja adalah 14

6. klik Verifikasi.


Jika data ditemukan maka ijazah telah resmi keabsahanya namun sebaliknya apabila Hasil Verifikasi "Data tidak ditemukan" silahkan cek ulang data yang anda masukan jika anda yakin tidak ada yang salah pada pengisian data dan anda yakin bahwa ijazah tersebut asli, maka segera anda hubungi kampus masing-masing agar segera terverifikasi di SIVIL. 

Tidak ada komentar