10 Ide Kreatif Mendaur Ulang Kantong Plastik Bekas yang Bermanfaat - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



10 Ide Kreatif Mendaur Ulang Kantong Plastik Bekas yang Bermanfaat

10 Ide Kreatif Mendaur Ulang Kantong Plastik Bekas yang Bermanfaat
Foto Ilustrasi sumber: sciencefictiontwin.com

Ide Kreatif Mendaur Ulang Kantong Plastik


Kampanye mengurangi sampah plastik sangat gencar dilakukan beberapa tahun belakangan. Penggunaan plastik yang berlebihan menjadikannya sampah yang mencemari lingkungan. Salah satu yang sering kita gunakan adalah kantong plastik. Meskipun berusaha untuk selalu membawa tas belanja yang bisa digunakan kembali, kita seringkali masih dihadapkan pada bertambahnya jumlah kantong plastik. Namun, jangan khawatir, ada banyak cara kreatif untuk mendaur ulang kantong plastik tersebut dan bahkan membuatnya menjadi bermanfaat.


Kantong Plastik untuk Berkebun dan Mengganti Ban


Saat berkebun atau mengganti ban di jalanan, hindari kotoran dan noda di celana dengan mengikatkan kantong plastik di sekitar lutut. Gunakan kantong plastik sebagai sarung tangan untuk menangani hal-hal yang berantakan atau menjijikkan. Agar lebih mudah saat ingin dibuang, balikkan kantong plastik sehingga sisi yang kotor berada di dalam. Kamu juga bisa menggunakan kantong plastik untuk membungkus kuas cat agar tidak tercampur warnanya dengan warna lain. Caranya, tempatkan kuas cat ke dalam kantong plastik, ikat atau bungkus dengan karet gelang.


Kantong Plastik sebagai Pelindung Kepala Darurat


Di cuaca yang tidak menentu seperti sekarang, penting untuk membawa payung ke mana pun pergi. Kamu juga bisa menggunakan kantong plastik sebagai pelindung kepala darurat saat hujan. Selipkan kantong plastik ke dalam saku atau tas untuk digunakan sebagai pelindung kepala darurat. Saat sedang mengupas buah dan sayuran, buang bagian yang tidak digunakan ke dalam kantong plastik terlebih dahulu sebelum membuangnya ke tempat sampah. Dengan begitu, kamu bisa mengorganisasi tempat sampah menjadi lebih bersih dan rapi.


Kantong Plastik sebagai Pengganti Kertas Kado


Kantong plastik ternyata juga bisa digunakan sebagai pengganti kertas kado, lho! Dengan menggunakan sedikit kreativitas, kamu bisa membungkus kado atau hadiah menjadi cantik hanya dengan kantong plastik. Gunakan kantong plastik beragam warna agar kado atau hadiah tampak lebih menarik. Agar payung basah tidak mengotori rumah, kamu bisa memasukkannya ke dalam kantong plastik terlebih dahulu sampai kering, lho! Jaga rumah tetap bersih dengan mengikatkan kantong plastik di sepatu saat masuk atau melindungi sepatu dari kotoran saat di luar rumah.


Melindungi Buku Resep dan Membantu Tanaman Pot


Selamatkan buku resep dari percikan bahan masakan dengan membungkusnya dengan kantong plastik saat memasak. Dengan begitu, buku resepmu akan tetap bersih dan dalam kondisi yang baik. Kamu kekurangan tanah untuk tanaman dalam pot? Cobalah gunakan kantong plastik dengan memasukkannya ke bagian bawah pot. Dengan begitu, kamu bisa mengurangi penggunaan tanah dalam pot. Demikianlah beragam ide kreatif untuk mendaur ulang kantong plastik bekas menjadi lebih bermanfaat. Dengan sedikit kreativitas, kita bisa mengurangi limbah plastik sekaligus membuatnya bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga informasinya bermanfaat!


Video Terkait:

Tidak ada komentar