Menelusuri Pulau Sempu, Keajaiban Alam yang Ditemukan Mahasiswa IPB yang Meninggal - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



Menelusuri Pulau Sempu, Keajaiban Alam yang Ditemukan Mahasiswa IPB yang Meninggal

Menelusuri Pulau Sempu, Keajaiban Alam yang Ditemukan Mahasiswa IPB yang Meninggal
Foto Ilustrasi sumber: centertravel.id

Penemuan Tragis di Pulau Sempu


Seorang mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) bernama Galang Edhi Swasono (20) ditemukan meninggal dunia di Pulau Sempu, Kabupaten Malang, Jawa Timur pada Jumat (29/12/2023). Galang bersama 19 mahasiswa lain dari IPB tengah meneliti fauna, burung, mangrove, herpetofauna, dan goa di Pulau Sempu sejak 20 Desember lalu. Namun, dia dilaporkan hilang saat melakukan penelitian pada Rabu (27/12/2023) siang. Jenazahnya ditemukan mengapung di Teluk Semut, Pulau Sempu pada Jumat (29/12/2023) sekitar pukul 07.50 WIB oleh nelayan setempat.


Keajaiban Pulau Sempu


Pulau Sempu merupakan cagar alam yang berada di Dusun Sendang Biru, Desa Tambak Rejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Dikutip dari situs BBKSDA Jawa Timur, kawasan hutan Pulau Sempu menjadi cagar alam sejak masa kependudukan Belanda. Hal ini ditetapkan berdasarkan Besluit van den Gouverneur Generaal van Nederlandsch Indie Nomor 69 dan 46 tanggal 15 Maret 1928 tentang Aanwijzing van het natourmonument Poelau Sempoe seluas 877 hektare. Penetapan ini diperkuat dengan Keputusan Menteri Kehutanan dan Perkebunan No. 20. Peraturan No. 471/Ktps-II/1999 tentang Penunjukan Kawasan Hutan Di Provinsi Jawa Timur dengan Luas 1.357.206,20 Ha.


Mengagumkan dengan Ekosistemnya


Terdapat lima tipe ekosistem di pulau ini, yakni ekosistem hutan pantai, hutan mangrove, hutan tropis dataran rendah, karst, dan ekosistem danau. Banyak vegetasi khas tumbuh di area ini, antara lain bendo (Artocarpus elasticus), triwulan (Terminalia), wadang (Pterocarpus javanicus), ketapang (Terminalia catappa), waru laut (Hibiscus tiliaceus), dan tancang (Bruguiera sp). Sementara sejumlah fauna tinggal di sini, yakni lutung jawa (Tracypithecus auratus), kera hitam (Presbitis cristata pyrrha), kera abu-abu (Macaca fascicularis), kijang (Muntiacus muntjak), kancil (Tragulus javanicus), dan raja udang (Alcedo athis).


Keindahan yang Menyimpan Bahaya


Pulau Sempu, Malang diketahui merupakan area khusus penelitian yang sejatinya terbatas bagi pengunjung umum. Namun, keindahan alamnya yang memesona juga menyimpan bahaya. Termasuk dalam hal ini adalah ombak laut yang cukup kuat dan sulit diprediksi. Oleh karena itu, pengunjung harus selalu berhati-hati dan mengikuti aturan yang ada ketika mengunjungi Pulau Sempu. Kematian tragis Galang menjadi pengingat bagi kita semua untuk senantiasa meningkatkan kewaspadaan dan keselamatan saat menjelajahi alam bebas.

Video Terkait:

Tidak ada komentar