Pasukan Khusus Israel: Brigade Golani hingga Sayaret Matkal - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



Pasukan Khusus Israel: Brigade Golani hingga Sayaret Matkal

Pasukan Khusus Israel: Brigade Golani hingga Sayaret Matkal
Foto Ilustrasi sumber: israels-f.blogspot.com

Pasukan Khusus Israel: Brigade Golani


Pasukan elite Israel, Brigade Golani, menjadi sorotan setelah kelompok perlawanan Palestina, Hamas, membantai delapan personel unit ini pada 12 Desember. Dalam serangan tersebut, Komandan Batalyon ke-13 Brigade Golani, Letnan Kolonel Tomar Grinberg, tewas. Insiden ini terjadi di tengah agresi Israel ke Palestina. Sebagai pasukan khusus, Brigade Golani merupakan salah satu satuan angkatan bersenjata pertama dalam sejarah Pasukan Pertahanan Israel (IDF).


Pasukan Khusus Israel: Sayaret Matkal


Pasukan khusus Sayaret Matkal juga pernah menjadi sorotan di Israel. Pada suatu waktu, sekitar 170 tentara cadangan Sayeret Matkal mengancam mogok setelah pemerintah mempercepat revisi rancangan undang-undang (RUU) peradilan. Mereka menulis surat kepada komandan pasukan khusus Sayeret Matkal dan menyatakan bahwa mereka tidak akan melaksanakan tugas sebagai prajurit. Sayaret Matkal adalah salah satu unit elit dalam pasukan Israel yang terkenal karena keahliannya dalam operasi rahasia dan intelijen.


Pasukan Khusus Israel: Satuan Lainnya


Selain Brigade Golani dan Sayaret Matkal, Israel juga memiliki berbagai unit pasukan khusus lainnya. Beberapa di antaranya termasuk Komando Gabungan, Kompi Matan, dan Pasukan Khusus Duvdevan. Komando Gabungan adalah satuan pasukan khusus yang terdiri dari anggota dari berbagai unit elite dalam IDF. Mereka dilatih untuk melakukan operasi khusus di darat, laut, dan udara. Di antara satuan elite IDF yang lain yaitu Kompi Matan, yang merupakan unit khusus dalam pasukan infanteri yang terkenal karena tugas perlindungan bangunan dan pembebasan sandera.

Video Terkait:

Tidak ada komentar