Ganjar Pranowo: Siap Menghadapi Debat Ketiga Pilpres 2024 dengan Tema Pertahanan - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



Ganjar Pranowo: Siap Menghadapi Debat Ketiga Pilpres 2024 dengan Tema Pertahanan

Ganjar Pranowo: Siap Menghadapi Debat Ketiga Pilpres 2024 dengan Tema Pertahanan
Foto Ilustrasi sumber: www.youtube.com

Ganjar Pranowo TPN Siap Hadapi Debat Pertahanan Pilpres 2024


Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo dan Mahfud Md memastikan Ganjar siap menghadapi debat ketiga Pilpres 2024 dengan tema pertahanan. TPN akan menjadwalkan Ganjar untuk bertemu dengan para purnawirawan TNI/Polri untuk meminta masukan terkait persiapan debat nanti.


"Nanti tanggal 3 (Januari) memang ada diskusi dengan para pakar pertahanan dan purnawirawan. Kami belum tahu daftarnya siapa aja yang bisa hadir tapi itu rutin dilakukan menjelang debat," kata Deputi 5.0 TPN Ganjar-Mahfud, Andi Widjajanto, di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (30/12/2023). Debat ketiga akan digelar pada Minggu (7/1/2024). Tema debat ketiga ialah Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional, dan Geopolitik.


Ganjar Tidak Gentar Hadapi Prabowo di Debat


Andi memastikan Ganjar tidak akan gentar menghadapi capres nomor urut 2 Prabowo Subianto yang juga merupakan Menteri Pertahanan (Menhan). Andi lantas menuturkan jika debat antara seorang sipil dan mantan militer pernah terjadi antara Presiden Joko Widodo dan Prabowo di Pilpres 2014 dan 2019.


"Ya sama dengan Pak Jokowi di (Pilpres) 2014 (dan) 2019 tantangannya sama pertahanan itu, ya memang kerangka utamanya mestinya kendali demokratik atas militer," ujarnya. "Jadi kemudian kita harus miliki pemimpin dengan karakter sipil yang mampu menawarkan arahan-arahan besar pertahanan tanpa harus menjadi pakar tujuannya itu. Itu yang dilakukan di 2014 dan 2019 dengan Pak Jokowi ketika berhadapan dengan Pak Prabowo," sambung dia.


Ganjar Tampil Sebagai Sipil, Bukan Militer


Lebih lanjut, Andi juga mengatakan Ganjar tidak akan dipersiapkan seperti seorang militer untuk debat nanti. Dia memastikan Ganjar akan tampil apa adanya sebagai seorang sipil. "Kami tidak ingin membuat Mas Ganjar sebagai militer karena dia bukan militer, tapi kami ingin Mas Ganjar tampil dengan kekuatan utamanya," tuturnya.


HALAMAN SELANJUTNYA:

Tidak ada komentar