Kesulitan Royalti: Komposer Ari Bias Larang Agnez Mo Menyanyikan Lagu-lagu Ciptaannya


Komposer Ari Bias memiliki larangan keras terhadap penyanyi Agnez Mo untuk menyanyikan lagu-lagu yang dia ciptakan karena adanya masalah dengan pembayaran royalti. Ari Bias, yang telah menciptakan lima lagu untuk Agnez Mo, termasuk hits seperti "Bilang Saja", "Bukan Milikmu Lagi", dan "Ku Di Sini", mengungkapkan bahwa manajemen Agnez Mo kurang kooperatif dalam membahas perihal pembayaran royalti, seperti yang dilakukan oleh penyanyi lainnya.


"Setelah saya menginformasikan ke mereka bahwa saya memberlakukan direct license... Tidak hanya kepada Agnez Mo, tetapi juga kepada penyanyi lain, dan mereka semua bekerja dengan baik," kata Ari Bias di Kantor Staf Presiden, Jakarta Pusat, dilansir dari detikHot. "Namun, manajemen Agnez Mo kurang merespons secara positif," lanjutnya.


Ari Bias juga mengungkapkan bahwa kondisi para pencipta lagu di Indonesia sedang mengalami masalah. Bersama dengan Asosiasi Komposer Seluruh Indonesia (AKS1), Ari Bias menyambangi Gedung Sekretariat Negara untuk membahas masalah royalti dengan Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN). AKS1 menyampaikan ketidaktransparanan LMKN dalam hal pembayaran royalti kepada para pencipta lagu kepada Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.