Penemuan Spesies Kadal Baru di Asia - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



Penemuan Spesies Kadal Baru di Asia

Penemuan Spesies Kadal Baru di Asia
Foto Ilustrasi sumber: infografis.sindonews.com

Para Peneliti dari Guangxi University of Chinese Medicine Menemukan Spesies Kadal Baru di Asia


Para peneliti dari Guangxi University of Chinese Medicine berhasil menemukan spesies kadal baru di Asia. Kadal tersebut termasuk dalam genus Calotes yang berasal dari Tiongkok selatan dan Vietnam utara. Genus Calotes berisi sedikitnya 29 spesies di seluruh dunia, tetapi penyebarannya terutama ada di Asia selatan dan tenggara.


Dari tahun 2009 hingga 2022, para peneliti melakukan serangkaian survei lapangan di Tiongkok selatan dan mengumpulkan sejumlah spesimen kompleks spesies Calotes versicolor. Mereka menemukan bahwa populasi yang mereka duga sebagai Calotes versicolor di Tiongkok selatan dan Vietnam utara ternyata adalah populasi baru yang belum terdeskripsikan dan dua subspesies. Spesies yang baru ditemukan ini dinamai kadal taman Wang (Calotes wangi).


Calotes wangi memiliki panjang kurang dari 9 cm dan salah satu ciri yang membedakannya adalah lidahnya yang berwarna jingga. Kadal ini ditemukan di hutan berdaun lebar subtropis yang selalu hijau dan hutan monsun tropis di Tiongkok selatan dan Vietnam utara. Mereka cenderung aktif di tepi hutan dan jika dalam bahaya, bersembunyi di semak-semak atau memanjat batang pohon.


Kekhawatiran terhadap Fragmen Habitat dan Ancaman Terhadap Spesies


Calotes wangi aktif dari bulan April sampai Oktober setiap tahun, sedangkan di daerah tropis aktif dari bulan Maret sampai November atau bahkan lebih lama. Mereka memakan berbagai serangga, laba-laba, dan arthropoda lainnya. Para peneliti memperkirakan bahwa spesies baru ini tidak terancam. Namun, mereka mencatat bahwa di beberapa daerah habitatnya terfragmentasi. Selain itu, tubuhnya juga digunakan sebagai obat dan dimakan oleh manusia.


Mengingat hal tersebut, para peneliti menganjurkan agar pemerintah daerah memperkuat perlindungan lingkungan ekologis mereka dan memperhatikan dinamika populasi kadal ini. Penemuan ini dicatat dalam sebuah makalah di jurnal ZooKeys dengan tajuk "Taxonomic review of the Calotes versicolor complex (Agamidae, Sauria, Squamata) in China, with description of a new species and subspecies".


HALAMAN SELANJUTNYA:

Tidak ada komentar