Potensi Tsunami di Korea Selatan Akibat Gempa Bumi Jepang - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



Potensi Tsunami di Korea Selatan Akibat Gempa Bumi Jepang

Potensi Tsunami di Korea Selatan Akibat Gempa Bumi Jepang
Foto Ilustrasi sumber: palembang.tribunnews.com

Korea Selatan Mengeluarkan Peringatan Tsunami


Korea Selatan ikut mengeluarkan potensi terjadinya tsunami akibat gempa bumi yang sebelumnya melanda Jepang. Badan Meteorologi Korea Selatan (KMA) menyatakan bahwa terjadi kenaikan permukaan air laut di bagian laut timur negara tersebut. Peringatan ini dikeluarkan setelah gempa berkekuatan magnitudo 7,6 mengguncang Ishikawa dan prefektur di sekitarnya.


Tsunami Dapat Mencapai Pantai Korea Selatan


Berdasarkan pernyataan KMA, tsunami dapat mencapai pantai di lepas pantai timur kota Gangneung pada pukul 18.29 waktu setempat dan kota Pohang di tenggara pada pukul 19.17. Meskipun KMA memperkirakan tinggi tsunami akan berada di bawah 50 sentimeter, namun tinggi ini dapat meningkat saat mencapai Pantai. Otoritas Korea Selatan telah mengeluarkan peringatan kepada masyarakat di sekitar pantai timur untuk tetap waspada.


Otoritas Jepang Juga Mengumumkan Potensi Tsunami


Sementara itu, otoritas Jepang juga mengumumkan potensi tsunami setelah gempa bumi berkekuatan tinggi mengguncang wilayah barat negara tersebut. Badan Meteorologi Jepang melaporkan bahwa gempa dengan magnitudo 7,6 mengguncang wilayah Ishikawa dan prefektur di dekatnya. Daerah Ishikawa pun terancam dilanda tsunami besar, sedangkan wilayah lain berpotensi terdampak tsunami ringan termasuk di kawasan pantai barat laut Pulau Honshu.

Video Terkait:

Tidak ada komentar