7 Makanan yang Bisa Bikin Kulkas Jadi Bau - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



7 Makanan yang Bisa Bikin Kulkas Jadi Bau

7 Makanan yang Bisa Bikin Kulkas Jadi Bau

Untuk menjaga makanan agar tetap awet dan tidak mudah basi, sering kali kita menyimpannya di dalam kulkas. Namun, ada beberapa makanan yang sebaiknya tidak disimpan dalam kulkas, karena dapat membuat kulkas menjadi bau tidak sedap. Kira-kira, apa saja jenis makanan yang dapat membuat kulkas menjadi beraroma tidak sedap? Simak informasi selengkapnya di bawah ini!


7 Makanan yang Bisa Bikin Kulkas Jadi Bau
Ilustrasi: hellosehat.com

Dikutip dari detikProperti, labu, terong, dan ubi merupakan makanan yang tidak boleh disimpan dalam kulkas. Pasalnya, jika disimpan dalam kulkas akan membuat jenis makanan ini mengalami pembusukan dan bau! Sebaiknya, simpan ketiga jenis makanan ini ke dalam wadah yang dapat memberikan kelembapan yang tepat, sehingga kualitasnya tetap keras.


Selanjutnya, jenis-jenis bawang seperti bawang merah, bawang putih, dan bawang bombai sebaiknya juga tidak disimpan dalam kulkas. Hal ini dikarenakan bawang memiliki bau yang menyengat, sehingga bisa diserap oleh makanan lain yang ada dalam kulkas. Selain itu, kulkas pun akan jadi bau. Suhu udara kulkas yang dingin juga akan menambah kadar air dalam bawang dan membuatnya lembek, sehingga mengalami pembusukan lebih cepat. Oleh karena itu, sebaiknya cukup simpan bawang di dalam wadah kering. Biarkan bawang di ruangan terbuka dengan suhu udara normal.


Tomat memang sering disimpan dalam kulkas. Padahal, seharusnya hal ini tidak dilakukan. Karena menyimpan tomat dalam kulkas justru membuatnya cepat busuk. Hal ini dikarenakan suhu dingin kulkas dapat menyebabkan kerusakan pada tekstur tomat, sehingga tomat lebih cepat lembek dan proses pembusukannya pun juga lebih cepat. Alhasil, kulkas pun jadi bau. Sebaiknya, tomat memang lebih baik disimpan dalam wadah tertutup, dan diletakkan di ruang terbuka dengan suhu normal.


Alpukat juga tidak boleh disimpan dalam kulkas, karena juga bisa membuat kulkas bau. Hal ini lantaran kulkas dapat merubah bentuk tekstur alpukat dan membuatnya cepat membusuk. Alpukat juga memiliki kadar antioksidan yang tinggi dan kadar lemak, sehingga proses pembusukan akan menjadi lebih cepat. Sebaiknya, simpan alpukat di suhu yang rendah untuk menjaga kualitasnya.


7 Makanan yang Bisa Bikin Kulkas Jadi Bau
Ilustrasi: gaekon.com

Menyimpan makanan kaleng dalam keadaan terbuka juga dapat membuat kulkas menjadi bau. Dikutip dari EatingWell, suhu dingin kulkas dapat membuat isi kaleng yang terbuka lebih cepat kering, menyerap bau yang tak diinginkan, dan membuat isinya terkontaminasi.


Kentang juga sebaiknya tidak disimpan dalam kulkas. Pasalnya, kentang diketahui mengandung pati atau amilum yang mudah bereaksi dengan suhu dingin di kulkas. Suhu dingin kulkas dapat membuat tekstur kentang menjadi rusak dan pembusukan jadi lebih cepat. Sebaiknya, simpan kentang di dalam keranjang dan letakkan di ruang terbuka dengan suhu normal.


Kopi juga sebaiknya tidak disimpan dalam kulkas. Karena kopi dapat menyerap berbagai bau. Selain itu, kopi juga memiliki aroma yang tinggi, sehingga kopi lebih baik disimpan dalam toples tertutup di ruangan yang bersuhu rendah.


HALAMAN SELANJUTNYA:

Tidak ada komentar