Fenomena Matahari Kembar di Mentawai - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



Fenomena Matahari Kembar di Mentawai

Fenomena Matahari Kembar di Mentawai

Pengguna Instagram dikagetkan dengan penampakan dua matahari. Akun @awreceh.id menyebutkan fenomena tersebut terjadi di Mentawai. Dalam video singkat yang dibagikan dalam postingan itu, terlihat seseorang mengambil gambar langit dari atas kapal. Orang tersebut memperlihatkan dua cahaya seperti Matahari saat bersamaan.

fenomena matahari kembar
Ilustrasi: pontianak.tribunnews.com

Peneliti Meteorologi di Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Deni Septiadi menjelaskan kejadian tersebut merupakan fenomena optik sundog. "Itu namanya 'sundog' atau 'parhelion', fenomena optik atmosfer yang merupakan jenis 'halo' matahari," ujarnya, dikutip dari CNN Indonesia, Senin (26/2/2024).

<a href='/search/label/fenomena%20optik/?&max-results=7'>fenomena optik</a> <a href='/search/label/sundog/?&max-results=7'>sundog</a>
Ilustrasi: www.youtube.com

Menurutnya, kejadian tersebut terjadi karena adanya perbedaan kerapatan atmosfer. Ini membuat difraksi cahaya matahari dipantulkan kristal es dan akhirnya membuat adanya dua titik cahaya.

perbedaan kerapatan atmosfer
Ilustrasi: cermin-dunia.github.io

Fenomena parhelion ini, dia mengatakan biasa terjadi. Yakni saat adanya keadaan kontras hujan dan panas atau saat iklim dingin dan lembab pada satu tempat yang sama membuat awan cirrus memiliki kristal es yang terdifraksi. Sundog juga terjadi saat matahari rendah yakni pada saat terbit maupun terbenam. Deni mengatakan fenomena tersebut jadi posisi terjadinya Halo.

fenomena parhelion
Ilustrasi: haloreports.blogspot.com

Dia juga mengingatkan, sundog tidak terkait dengan penanda cuaca ekstrem. Kejadian tersebut menjadi penanda adanya perubahan cuaca pada atmosfer. "Namun demikian, keberadaan awan cirrus merupakan petunjuk adanya perubahan cuaca di atmosfer ke depannya. Meskipun dalam beberapa kasus, pertumbuhan awan cirrus yang masif dan kompleks melibatkan cuaca ekstrem," kata Deni.

hubungan <a href='/search/label/sundog/?&max-results=7'>sundog</a> dengan perubahan cuaca
Ilustrasi: homecare24.id

HALAMAN SELANJUTNYA:

Tidak ada komentar