5 Life Hacks Dapur yang Akan Membuat Pekerjaan Memasak Lebih Mudah - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



5 Life Hacks Dapur yang Akan Membuat Pekerjaan Memasak Lebih Mudah

5 Life Hacks Dapur yang Akan Membuat Pekerjaan Memasak Lebih Mudah
Ilustrasi: www.youtube.com

Jakarta - Pekerjaan dapur menjadi lebih mudah dengan mengikuti suatu trik atau disebut 'life hacks'. Bahkan, sejumlah trik jenius dianggap cocok dapat penghargaan karena memudahkan. Dalam melakukan hal tertentu, termasuk memasak, banyak orang mengaplikasikan life hacks. Life hacks sendiri merupakan istilah untuk menunjukkan kiat hidup atau retas hidup yang digunakan untuk menyelesaikan masalah sehari-hari. Chef profesional atau koki rumahan bisa membuat pekerjaan memasaknya menjadi lebih mudah dengan mengikuti beberapa life hacks atau trik jenius ini.



tutup panci
Ilustrasi: www.blibli.com

Saat memasak, terkadang panci perlu ditutup sejenak. Setelah penutup dibuka, mungkin kamu mencari tempat yang pas untuk meletakkan tutup panci yang panas dan berair itu. Jika kamu asal meletakkan di meja dalam keadaan menghadap ke atas, tutup panci bisa berguling-guling. Namun, jika meletakkannya menghadap ke bawah, kondensasi atau minyak-minyak di sekitar tutup bisa menodai meja. Tidak perlu bingung, kamu bisa meletakkan tutup di bagian gagang panci. Sangkutkan tutup panci itu menghadap ke atas. Jangan takut akan jatuh karena beratnya tetap akan seimbang, sekalipun panci kosong.



alat pemotong apel
Ilustrasi: shopee.co.id

Terdapat alat khusus yang bisa digunakan untuk memotong apel. Namun, alat ini sebenarnya bisa dipakai untuk memotong bahan lain selain apel. Salah satunya jamur. Jika ingin memotong atau mengiris jamur, letakkan jamur dengan permukaan lebih besar di bawah. Kemudian, letakkan alat pemotong apel di atasnya, dan tekan sampai jamur teriris sempurna. Kalau mau memotong jamur langsung dalam jumlah banyak, bisa menusuk jamur terlebih dahulu ke tusukan sate. Potong satu per satu sisinya. Jika satu sisi sudah habis terpotong, balik dan potong bagian sisi lain.



Jika punya sayuran di rumah tetapi sudah tidak segar lagi, jangan langsung dibuang. Kamu masih bisa membuatnya segar kembali dengan cara merendam dalam air dingin. Hal ini terutama berlaku untuk sayuran seperti selada, timun, atau buah lemon. Letakkan sayuran dan buah tersebut di dalam wadah berisi air dingin. Setelah direndam beberapa menit, sayuran ini bisa segar kembali dan lebih renyah.



telur mata sapi
Ilustrasi: food.detik.com

Kamu bisa membuat telur mata sapi yang sempurna dengan cara ini. Masak telur mata sapi atau telur ceplok memang terlihat mudah. Namun, cukup sulit mendapat bentuk yang sempurna. Terkadang kuning telurnya berantakan. Untuk mendapat hasil sempurna, jangan langsung memecahkan semua telur. Pertama, pisahkan antara kuning dan putih telur. Letakkan putih telur terlebih dahulu ke wajan. Setelah bagian putih telur sudah mulai matang, barulah masukkan bagian kuning telur di atasnya. Cara ini menghasilkan telur mata sapi yang sempurna.



kulit wortel
Ilustrasi: kecantikanjezzita.blogspot.com

Sebelum dimasak, kulit wortel biasanya dibersihkan terlebih dahulu. Untuk membersihkan kulit wortel, kamu tidak perlu pisau atau alat pengupas. Kulit wortel, terutama baby wortel bisa dibersihkan dengan menggunakan aluminium foil. Ambil aluminium foil secukupnya, kemudian remas hingga menjadi bulatan seperti bola. Barulah gosok kulit wortel dengan bulatan aluminium tersebut.



HALAMAN SELANJUTNYA:

Tidak ada komentar