Belajar Javascript di HTML dengan 4 Cara Berbeda - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



Belajar Javascript di HTML dengan 4 Cara Berbeda

Belajar Javascript di HTML dengan 4 Cara Berbeda
Ilustrasi: www.cafekode.com

Salah satu cara umum untuk menulis kode Javascript di dalam HTML adalah dengan menggunakan tag

Pada contoh di atas, kode Javascript pertama ditulis di dalam tag , sedangkan kode Javascript kedua ditulis di dalam tag . Pada umumnya, disarankan untuk menulis kode Javascript di dalam tag , tepatnya sebelum tutup . Hal ini akan meningkatkan kecepatan tampilan konten di web.


Kode Javascript dari File Eksternal
Ilustrasi: ichi.pro

Salah satu cara lain untuk menulis kode Javascript di HTML adalah dengan menggunakan file eksternal. Caranya adalah dengan membuat file dengan ekstensi .js dan mengisi file tersebut dengan kode Javascript. Berikut adalah contoh penggunaan file eksternal:


Penulisan Javascript

Pada contoh di atas, file eksternal dengan nama kode-script.js berisi kode Javascript. Kemudian, file tersebut dihubungkan dengan HTML menggunakan tag meskipun tidak memiliki isi.


Penulisan kode Javascript pada atribut event dapat dilakukan dengan menuliskan kode Javascript di dalam atribut event pada elemen HTML. Contohnya adalah sebagai berikut:



Pada contoh di atas, kode Javascript yang ada di dalam atribut onclick akan dieksekusi saat event klik terjadi pada elemen


Tidak ada komentar