Cara Menghilangkan Jamur Hitam di Dinding - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



Cara Menghilangkan Jamur Hitam di Dinding

Cara Menghilangkan Jamur Hitam di Dinding
Ilustrasi: blog.tribunjualbeli.com

Jamur hitam atau black mold adalah jenis jamur yang tumbuh di tempat yang lembap seperti dinding. Jamur ini dapat mengganggu keindahan ruangan terutama pada dinding dengan cat warna cerah.



pemutih klorin
Ilustrasi: www.kompas.com

Cara pertama yang bisa Anda coba adalah menggunakan pemutih klorin. Campurkan satu set pemutih klorin dengan 16 gelas air, lalu gosokkan larutan klorin ke permukaan jamur. Tunggu 15 menit agar larutan klorin dapat menempel pada area berjamur, kemudian bilas area tersebut dengan air dan biarkan permukaan mengering.



Cara kedua adalah menggunakan hidrogen peroksida. Masukkan hidrogen peroksida ke dalam tempat semprotan, semprotkan ke area yang mengandung jamur hitam, dan diamkan selama 15 menit sampai cairannya bereaksi menjadi gelembung dan mendesis. Gosok dan bersihkan permukaan kemudian bilas.



cuka
Ilustrasi: boomvictoriaanderson.blogspot.com

Cara ketiga adalah menggunakan cuka. Tuangkan cuka murni ke dalam botol semprot, semprotkan cuka ke permukaan yang terdapat jamur hitam, dan diamkan selama 1 jam. Gosok menggunakan sikat berbulu nilon, lalu bilas semua permukaan yang telah digosok.



Cara terakhir adalah menggunakan baking soda atau boraks. Buat baking soda atau boraks menjadi pasta dengan cara menuangkan beberapa sendok serbuk, dicampur dengan sedikit air. Oleskan pasta ke permukaan yang tumbuh jamur dan diamkan selama 30 menit. Bilas dengan air hingga bersih.



Sebelum mencoba menghilangkan jamur hitam, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, singkirkan barang-barang yang tak bisa dikeringkan dengan cepat saat terkena jamur seperti karpet, bantal, atau kertas. Kedua, jangan memoles permukaan yang terkena jamur hitam dengan cat sebelum dibersihkan. Ketiga, gunakan terpal plastik di sekitar area jamur bertumbuh agar spora tidak menyebar. Keempat, masukkan barang-barang yang terkena jamur ke dalam kantong plastik sebelum dibuang agar mencegah penyebaran spora. Terakhir, gunakan filter HEPA di AC untuk menangkap spora jamur yang mungkin telah menyebar di udara.



HALAMAN SELANJUTNYA:

Tidak ada komentar