Minuman Fiber yang Diklaim Bisa Menurunkan Berat Badan - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



Minuman Fiber yang Diklaim Bisa Menurunkan Berat Badan

Minuman Fiber yang Diklaim Bisa Menurunkan Berat Badan
Ilustrasi: lifestyle.okezone.com

Minuman fiber yang diklaim bisa membantu menurunkan berat badan saat ini semakin marak dijual. Tapi, benarkah minuman yang diklaim mengandung serat larut itu aman untuk kesehatan dan bisa menurunkan berat badan?



buah dan sayur
Ilustrasi: barusip.blogspot.com

Dokter spesialis gizi klinik dari Universitas Padjadjaran, Gaga Irawan Nugraha mengatakan minuman fiber untuk menurunkan berat badan memang tidak dilarang. Tapi, dia sendiri lebih menyarankan menggunakan buah dan sayuran alih-alih minuman fiber dengan gula tambahan.



Minuman fiber diklaim berfungsi melancarkan metabolisme melalui saluran pembuangan. Hal ini bisa terjadi karena cara kerja minuman ini adalah dengan melapisi usus halus, sehingga lemak terhambat penyerapannya.


rasa kenyang
Ilustrasi: www.khalifahmedia.bbn.my

Selain itu, serat yang ada di dalam minuman tersebut juga menyebabkan rasa kenyang yang lebih lama. Jadi bukan menyebabkan berat badan turun karena minuman tersebut, tapi lebih kepada rasa kenyang yang menyebabkan keinginan makan berkurang.


Tapi, untuk mendapatkan semua manfaat ini sebenarnya bisa didapat dari buah dan sayur. Menurut dia, dengan mengonsumsi buah-buahan dua atau tiga jam sebelum makan, rasa kenyang juga akan muncul dan bisa mengurangi keinginan makan berlebih.

Buah juga mengandung nutrisi dan gizi lain. Mulai dari vitamin A, C, mineral dan berbagai sumber nutrisi lainnya yang tak hanya bagus untuk sistem pencernaan, tapi juga kulit dan organ lainnya.

"Manfaat yang didapat tubuh lebih banyak. Selain itu harga buah juga jauh lebih murah daripada minuman fiber. Jadi kalau saya sih lebih menyarankan akan buah saja," katanya. (tst/chs)


HALAMAN SELANJUTNYA:

Tidak ada komentar