Tips dan Contoh CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



Tips dan Contoh CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman

Tips dan Contoh CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman
Ilustrasi: www.skillsportal.co.za

Langkah pertama bagi banyak orang setelah lulus kuliah adalah mencari kerja. Meskipun demikian, banyak yang masih takut untuk melamar sebab tidak memiliki pengalaman kerja, organisasi, maupun kerja volunteer. Pengalaman tersebut sangat penting untuk dicantumkan dalam CV.



Deskripsi Diri yang Menarik
Ilustrasi: mamikos.com

Deskripsi diri atau introduction biasanya adalah bagian teratas atau yang akan dibaca perekrut setelah nama dan kontak pelamar di dalam CV. Bagian ini akan menjadi salah satu kunci menarik perhatian perekrut. Oleh karena itu, pastikan untuk membuat deskripsi diri yang sangat menarik.



Tips selanjutnya adalah menuliskan informasi pendidikan yang lengkap. Biasanya pada bagian pendidikan banyak orang hanya menuliskan informasi singkat saja. Mengingat CV untuk fresh graduate tidak memiliki pengalaman kerja, kamu harus bisa menambahkan sesuatu sebagai nilai tambah di bagian pendidikan.



Kemampuan dan Prestasi
Ilustrasi: cikerja.blogspot.com

Selain bagian pendidikan, kamu juga bisa mendapatkan perhatian perekrut melalui bagian skill dan prestasi yang kamu miliki. Jika kamu sudah mencantumkan prestasi di bagian pendidikan, kamu bisa menambahkan prestasi non-akademik pada bagian ini. Biasanya prestasi tersebut didapatkan tanpa berafiliasi dengan perguruan tinggi.



Bagian yang satu ini bersifat opsional, yaitu menambahkan tautan portofolio. Meskipun tidak semua pekerjaan dapat dibuatkan portofolionya, tetapi ada beberapa bidang yang akan meminta portofolio. Mengingat kamu tidak memiliki pengalaman sebelumnya, ada baiknya untuk membuat portofolio mandiri yang kamu kumpulkan dalam satu tempat.



Seperti yang sudah kamu baca di poin keempat, kita perlu jujur dengan apa yang kita buat sebab hal tersebut menunjukkan apapun tentang diri sendiri. Misalnya portfolio, skill, dan prestasi menunjukkan kemampuan yang kamu mumpuni. Sedangkan, kolom pendidikan dan deskripsi diri menunjukkan karakter kamu.



Tips membuat CV fresh graduate tanpa pengalaman adalah buatlah CV ATS-friendly. Pada era digital saat ini, banyak perusahaan yang menggunakan software ATS (Applicant Tracking System) untuk melakukan screening CV saat mencari kandidat.



Setelah menyiapkan CVmu dengan baik, berikutnya buatlah cover letter. Kedua berkas ini biasanya dikirim bersamaan saat melamar kerja. Memang bukan suatu keharusan membuat surat pengantar lamaran kerja, tetapi kamu akan terlihat lebih profesional. Bahkan memungkinkan untuk mendapat nilai tambah jika kamu melamar kerja dengan cover letter.



HALAMAN SELANJUTNYA:

Tidak ada komentar