Waspada! Perubahan Warna Urine Bisa Menandakan Ginjal Bermasalah - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



Waspada! Perubahan Warna Urine Bisa Menandakan Ginjal Bermasalah

Waspada! Perubahan Warna Urine Bisa Menandakan Ginjal Bermasalah
Illustration: hellosehat.com

Ginjal merupakan organ penting yang berfungsi menyaring kotoran dari darah dan membuangnya dalam bentuk urine. Maka dari itu salah satu ciri-ciri ginjal bermasalah bisa terlihat dari kondisi urine.



Gambar Urine dengan Warna Kemerahan
Illustration: idnmedis.com

Spesialis nefrologi dr Pringgodo Nugroho, SpPD KGH mengatakan masalah ginjal bisa membuat warna urine berubah. Jika seseorang mengalami gagal ginjal, organ tersebut akan menahan cairan dan limbah sehingga menumpuk di tubuh. Perubahan warna urine harus diperhatikan sebab seringkali penyakit ginjal tidak bergejala.



Kedua yakni perubahan warna urine. Pada pasien yang mengalami peradangan ginjal, urine akan berubah warna menjadi kemerahan yang menandakan adanya sel darah merah di hasil eksresinya.Jika mengalami tanda-tanda berikut, untuk memastikan gangguan ginjal memang harus dideteksi melalaui uji urine di laboratorium. Di laboratorium juga akan diperiksa apakah ada eritrosit dan leukosit dalam urine yang dapat dihilangkan oleh ginjal yang berfungsi dengan baik.



"Kadang-kadang urine, feses, suka nggak diperhatikan padahal itu menunjukkan ada masalah di organ," tambahnya. Dikutip dari laman Kemenkes RI, berikut ciri-ciri ginjal bermasalah yang harus diwaspadai:Tekanan darah tinggiPerubahan frekuensi dan jumlah buang air kecil dalam sehariAdanya darah dalam urineLemah serta sulit tidurKehilangan nafsu makanSakit kepalaTidak dapat berkonsentrasiGatalSesakMual dan muntahBengkak, terutama pada kaki dan pergelangan kaki serta pada kelopak mata waktu pagi hari




Tidak ada komentar