Wow, Presiden Jokowi Sholat Jumat di Masjid Agung Rantauprapat - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



Wow, Presiden Jokowi Sholat Jumat di Masjid Agung Rantauprapat

Wow, Presiden Jokowi Sholat Jumat di Masjid Agung Rantauprapat
Illustration: nasional.okezone.com

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo melakukan sholat Jumat berjamaah di Masjid Agung Rantauprapat, Jumat, 15 Maret 2024 di kawasan Jalan Ahmad Yani Rantauprapat, Kabupaten Labuhanbatu, Sumut.




Presiden RI Jokowi tiba di Masjid bersejarah di Kabupaten Labuhanbatu ini sesuai jadwal runway sekitar jam 12.25 WIB untuk Salat Jumat berjemaah. Setelah berwudhu, Jokowi mengenakan peci hitam, kemeja putih, dan celana hitam mengambil posisi di bagian shaf pertama. Tampak bersamanya, Menteri Sektariat Negara/Sekretariat Kabinet, Pj Gubernur Sumatera Utara, Hassanudin, Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi, Wakil Ketua DPRD Labuhanbatu, Abdul Karim Hasibuan, Ketua MUI Labuhanbatu Ahmad Zaid.



Dalam kutbahnya, khatib mengingatkan fungsi Puasa sebagai implementasi ibadah sosial. Dimana, pada prinsipnya puasa tidak hanya meninggalkan makan dan minum yang mesti mampu menahan lapar dan dahaga. Tapi, puasa mampu mengontrol diri dalam bermasyarakat. Karena berkaitan dengan sesama manusia. Yakni saling peduli sesama sosial. "Puasa kita rasa haus dan lapar. Karena menahan makan dan minum. Tapi bagaimana dengan saudara lainnya yang lapar dan haus, karena tidak memiliki. Kepedulian terhadap sesama dengan memahami hal tersebut adalah syariat agama islam dengan penentuan zakat infaq dan sedekah," imbuhnya.




Usai melaksanakan sholat berjemaah, Presiden Jokowi juga menyempatkan diri melakukan foto selfie dengan ratusan jemaah masjid Agung. Dan juga menyempatkan menyapa para masyarakat yang sejak awal menunggu kehadiran Presiden di sepanjang Jalan Ahmad Yani Rantauprapat.



Tampak, Presiden Jokowi juga membagi paket sembako, baju kaos, dan payung kepada masyarakat. Selanjutnya, Presiden RI menuju Gudang Bulog Bakaran Batu, di kawasan Jalan KH Dewantara, Rantaupapat. Di lokasi Gudang Bulog Bakaran Batu, Presiden RI Jokowi didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan Budi Gunadi, Kapoldasu, Pangdam I/BB, dan pejabat lainnya beserta Pj Gubernur Sumatera Utara dan Bupati LabuhanBatu. Penyerahan Bantuan Pangan Beras Cadangan Pangan Pemerintah untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Dan, Presiden Jokowi juga mengunjungi Pasar Glugur di kawasan Jalan Glugur Rantaupapat untuk penyerahan bantuan UMKM sebelum bertolak kembali ke kota Medan.




Tidak ada komentar