Apple Mengirim Peringatan Dini Mengenai Ancaman Spyware - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



Apple Mengirim Peringatan Dini Mengenai Ancaman Spyware

Apple Mengirim Peringatan Dini Mengenai Ancaman Spyware
Illustration: tekno.tempo.co

Apple Mengirim Peringatan Dini

Apple mengirimkan peringatan dini mengenai ancaman mercenary spyware—kejahatan digital berbentuk pencurian informasi sensitif—kepada konsumennya yang tersebar di 92 negara. Alarm bahaya spyware itu sudah dikirimkan kepada para pengguna iPhone sejak 10 April lalu.

Dikutip dari Antara, Kamis, 11 April 2024, Apple tidak membeberkan identitas pelaku yang diduga berupa menggali data pengguna perangkat. Entitas milik Steve Jobs tersebut juga tidak mempublikasikan negara asal setiap konsumen yang menerima notifikasi bahaya.

Peringatan Serangan Spyware

Peringatan serangan spyware muncul ketika banyak negara sedang menyiapkan pemilihan umum masing-masing. Selama beberapa bulan terakhir, semakin banyak perusahaan teknologi yang mewaspadai upaya manipulasi hasil kontes politik.

"Serangan mercenary spyware, misalnya yang menggunakan Pegasus dari NSO Group, jarang terjadi dan lebih canggih dibandingkan kejahatan siber biasa atau malware pelanggan," ujar perwakilan Apple dalam pemberitahuan resmi.

Deteksi dan Investigasi Ancaman Spyware

Deteksi ancaman serangan siber, menurut pihak Apple, tergantung informasi yang bisa digalang tim intelijen internal. Sampai saat ini Apple belum mengantongi kepastian yang mutlak.

"Meskipun investigasi kami tidak pernah mencapai kepastian absolut, pemberitahuan ancaman Apple memiliki tingkat keyakinan tinggi," begitu bunyi keterangan Apple.


Tidak ada komentar