Banjir Besar Melanda Provinsi Guangdong China - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



Banjir Besar Melanda Provinsi Guangdong China

Banjir Besar Melanda Provinsi Guangdong China
Illustration: kompas.com

Banjir besar melanda Provinsi Guangdong China akibat hujan lebat selama berhari-hari


Banjir besar melanda Provinsi Guangdong China akibat hujan lebat selama berhari-hari. Pihak berwenang mengevakuasi hampir 60.000 orang dari rumahnya.


11 orang hilang dan tidak ada korban jiwa dilaporkan


Sebagaimana diberitakan BBC pada Senin (22/4/2024), 11 orang hilang, dan sejauh ini tidak ada korban jiwa yang dilaporkan. Rekaman di media pemerintah menunjukkan sebagian besar wilayah terendam banjir dan tim penyelamat mengangkut orang-orang dengan sekoci di air setinggi pinggang.


Sungai meluap dan ketinggian air dipantau


Beberapa sungai besar meluap, dan pihak berwenang memantau dengan cermat ketinggian air yang cukup tinggi. Pihak berwenang telah memperingatkan bahwa ketinggian air sungai di utara Guangdong bisa tinggi dan diperkirakan sekali dalam 100 tahun pada Senin pagi, meskipun hal ini belum terjadi pada siang hari.


Wilayah Guangdong rentan terhadap banjir


Sebagian besar wilayah Guangdong merupakan bagian dari dataran rendah delta Sungai Mutiara, yang rentan terhadap banjir akibat kenaikan permukaan laut dan gelombang badai. Delta ini merupakan basis manufaktur besar di China dan salah satu wilayah terpadat di negara tersebut, dengan Guangdong yang menjadi rumah bagi sekitar 127 juta orang. Ibu kota provinsi, Guangzhou, serta kota-kota kecil Shaoguan dan Heyuan termasuk di antara yang paling parah terkena dampaknya.


Rumah tangga kehilangan aliran listrik dan kerugian ekonomi


Di seluruh provinsi, sekitar 1,16 juta rumah tangga kehilangan aliran listrik selama akhir pekan, tetapi 80 persen listriknya sudah pulih kembali pada Minggu malam. Akibat banjir, banyak rumah yang runtuh atau rusak parah. Pihak berwenang memperkirakan kerugian ekonomi hampir 140,6 juta yuan (Rp 3,1 triliun).


Peringatan cuaca dan hujan lebat di China


Otoritas meteorologi China telah memperingatkan bahwa hujan lebat akan terus berlanjut di Guangdong dan wilayah pesisir Fujian hingga setidaknya Selasa. Hujan dengan tingkat sedang hingga lebat diperkirakan terjadi di wilayah lain di negara itu, termasuk Beijing, Tianjin, dan Heibei.


source : kompas.com


Tidak ada komentar