Ketua Komisi E DPRD Jatim Minta Dinkes Lakukan Upaya Cegah Lonjakan Kasus Flu Singapura - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



Ketua Komisi E DPRD Jatim Minta Dinkes Lakukan Upaya Cegah Lonjakan Kasus Flu Singapura

Ketua Komisi E DPRD Jatim Minta Dinkes Lakukan Upaya Cegah Lonjakan Kasus Flu Singapura
Illustration: infopublik.id

Ketua Komisi E DPRD Jatim Minta Dinkes Lakukan Upaya Cegah Lonjakan Kasus Flu Singapura


Ketua Komisi E DPRD Jatim, Wara Sundari Renny Pramana meminta Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi maupun Kabupaten/Kota melakukan upaya agar tidak terjadi lonjakan kasus flu Singapura. Pasalnya, saat ini telah ditemukan puluhan kasus di Kota Pahlawan Surabaya.


Edukasi Masif dan Kebiasaan Hidup Bersih


Politikus asal fraksi PDI Perjuangan ini menjelaskan, bahwa ada beberapa kasus pascalebaran utamanya pada anak-anak diawali dengan demam 1-3 hari. Di samping itu muncul luka dimulut disertai ruam pada tangan dan kaki. "Kita harus waspada karena penularannya sangat cepat sehingga bisa dikategorikan penyakit pernafasan yang sangat menular," ujar Renny.

Menurut perempuan asal Kediri, edukasi masif dari pihak pemerintah, khususnya Dinkes sangat penting dan urgent. Selain itu anak-anak pun diminta rutin mencuci tangan dengan sabun dan membiasakan pola hidup bersih dan sehat. "Ajarkan anak cara menjaga kebersihan dengan tidak memasukkan apapun ke mulut sebelum tangan bersih dan masker juga perlu dikenakan kembali untuk bagian dari proteksi diri," pinta Renny.


Desakan Dinkes Jatim dan Dinkes Kabupaten/Kota


Oleh karenanya, pihaknya mendesak Dinkes Jatim maupun Dinkes Kabupaten/Kota melakukan aksi nyata dalam membantu masyarakat yang kini mulai resah akan adanya penyakit flu Singapura yang menular. "Kami mendesak Dinkes melakukan edukasi massal tentang kebersihan, termasuk cuci tangan dengan sabun secara rutin. Orang tua juga diminta mengajarkan anak-anak cara menjaga kebersihan," imbuh perempuan yang juga Bendahara DPD PDI-P Jatim ini.


Respons Cepat Dinkes untuk Mengendalikan Penyebaran Flu Singapura


Dengan respons yang cepat dan memberikan kesadaran bagi masyarakat, pihaknya berharap Dinkes dapat mengendalikan penyebaran flu Singapura. "Upaya kolektif ini menjadi kunci dalam menangani kasus penyakit pernapasan yang mengkhawatirkan," pungkas Renny yang kembali terpilih menjadi anggota DPRD Jatim periode 2024-2029 ini.


61 Kasus Flu Singapura di Surabaya


Sebagaimana diketahui, sebanyak 61 kasus penyakit tangan, kaki, dan mulut (HFMD) atau flu Singapura ditemukan di Surabaya. Masyarakat diminta memeriksakan diri setelah mudik ke kampung halaman. Kadinkes Surabaya, Nanik Sukristina mengatakan, sebanyak 61 kasus flu Singapura tersebut ditemukan sejak Januari 2024 ketika sejumlah pasien melakukan pemeriksaan.


source : infopublik.id


Tidak ada komentar