Pertamina Tidak Naikkan Harga BBM Menjelang Lebaran - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



Pertamina Tidak Naikkan Harga BBM Menjelang Lebaran

Pertamina Tidak Naikkan Harga BBM Menjelang Lebaran
Illustration: kalimantan.bisnis.com

PT Pertamina (Persero) tidak menaikkan ataupun menurunkan harga sejumlah bahan bakar minyak (BBM) nonsubsidi per 1 April 2024 atau sepekan lebih menjelang Lebaran. Kendati penetapan harga BBM nonsubsidi menjadi kewenangan Pertamina, pemerintah sebelumnya menyebut akan menahan harga BBM subsidi ataupun nonsubsidi setidaknya hingga Juni 2024.


Pengisian bahan bakar minyak subsidi pertalite di SPBU kawasan Kemanggisan, Jakarta Barat
Illustration: banjarmasin.tribunnews.com

Berdasarkan daftar harga BBM Pertamina, untuk daerah dengan pajak atas penggunaan bahan bakar kendaraan bermotor (PBBKB) 5 persen, termasuk DKI Jakarta, harga pertamax masih Rp 12.950 per liter, pertamax turbo Rp 14.400 per liter, dex Rp 15.100 per liter, dan dexlite Rp 14.550 per liter. Terakhir kali ada penyesuaian harga BBM nonsubsidi ialah pada 1 Januari 2024. Sementara untuk BBM subsidi/kompensasi, harga biosolar masih Rp 6.800 per liter dan pertalite Rp 10.000 per liter. Penyesuaian pada kedua jenis BBM itu terakhir kali dilakukan pada 3 September 2022 atau setelah terjadi lonjakan harga minyak mentah secara signifikan, bahkan sempat menyentuh di atas 100 dollar AS per barel. Penyesuaian BBM subsidi/kompensasi diputuskan oleh pemerintah.


Sekretaris Perusahaan PT Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengatakan, keputusan tidak mengubah harga BBM nonsubsidi mengacu pada sejumlah aspek yang tertuang dalam Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) No 245.K/MG.01/MEM.M/2022 tentang formulasi harga dasar dalam perhitungan harga jual jenis bahan bakar umum (JBU) bensin dan solar. Berdasarkan perhitungan evaluasi harga serta dengan mempertimbangkan kebutuhan masyarakat pada Ramadhan dan Idul Fitri ini, maka manajemen memutuskan untuk tidak menaikkan harga di bulan April.


Warga antre membeli bahan bakar minyak di SPBU di kawasan Kemayoran, Jakarta
Illustration: www.beritasatu.com

Pertamina memastikan kesiapan penyaluran BBM dan elpiji pada Ramadhan dan Idul Fitri 2024 dengan pemantauan secara digital serta pengecekan lapangan. Pada periode 1-21 April 2024, Pertamina menyiagakan 1.792 SPBU Siaga 24 jam, 61 titik Kiosk Pertamina Siaga, 54 motorist, 200 mobil tangki standby, 5.027 agen elpiji siaga, dan 6 Serambi MyPertamina. Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Riva Siahaan, Sabtu (30/3/2024), menuturkan, pihaknya juga memastikan 115 terminal BBM, 723 stasiun pengisian bulk elpiji (SPBE), dan 71 avtur fuel terminal (AFT) dalam kondisi prima. Dengan demikian, penyaluran BBM kepada masyarakat yang membutuhkan pada masa Ramadhan dan Idul Fitri optimal.


Menurut data Pertamina, pada masa Ramadhan dan Idul Fitri 2024, diperkirakan ada peningkatan penjualan pertalite sebesar 10,2 persen, pertamax 15 persen, pertamax turbo 6,3 persen, dexlite 3,8 persen, dan dex 4,2 persen dibandingkan masa reguler. Namun, penjualan solar diprediksi menurun 13,4 persen. Sementara penjualan elpiji diperkirakan naik 4 persen dan kerosin naik 0,2 persen.


source : kompas.id


Tidak ada komentar