Semua Harus Berperan Serta dalam Program 3M Plus - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



Semua Harus Berperan Serta dalam Program 3M Plus

Semua Harus Berperan Serta dalam Program 3M Plus
Illustration: antaranews.com

Upaya Pencegahan Terus Berjalan


Pemerintah Kota Jakarta Utara terus menggencarkan aksi pencegahan penyebaran demam berdarah dengue (DBD) di daerah itu melalui program 3M Plus. Pelaksanaan upaya pencegahan terus berjalan di tujuh tatanan yang ada di Jakarta Utara. Upaya pencegahan tidak tergantung pada situasi jumlah kasus DBD yang terjadi di daerah setempat, tapi lebih mengoptimalkan partisipasi masyarakat di lintas sektor untuk melakukan kegiatan pemberantasan sarang nyamuk (PSN). Pentingnya partisipasi masyarakat dalam program PSN secara berkelanjutan ditekankan.


Data Kasus DBD di Jakarta Utara


Berdasarkan data Dinas Kesehatan DKI Jakarta hingga 15 April 2024, Kota Jakarta Utara secara kumulatif menempati posisi keempat dari enam daerah yang ada di provinsi tersebut. Total ada 531 kasus demam berdarah yang terjadi di Jakarta Utara dengan jumlah kasus baru di incident rate di angka 28,5 atau angka kejadian kasus DBD 29 orang per 100.000 jumlah penduduk di Jakarta Utara. Peningkatan kasus terbanyak terjadi di Minggu ke-13 pada 2024 dengan 91 kasus dan peningkatan mulai terjadi di Minggu ketujuh tahun ini. Meskipun terjadi penurunan kasus, kegiatan pemberantasan sarang nyamuk tetap dilakukan.


Langkah 3M Plus dalam Pencegahan DBD


Langkah 3M dalam pencegahan DBD meliputi menguras tempat penampungan air, menutup tempat-tempat penampungan air, mendaur ulang barang yang berpotensi menjadi tempat berkembang biak nyamuk, menanam tanaman yang dapat menangkal nyamuk, memeriksa tempat-tempat yang digunakan untuk penampungan air, memelihara ikan pemakan jentik nyamuk, menggunakan obat anti nyamuk, dan melakukan gotong royong lingkungan. Program PSN 3M Plus harus dilakukan di tujuh tatanan yakni tatanan permukiman, tempat kerja, tempat pengelolaan makanan, sarana kesehatan, institusi pendidikan, tempat umum, dan sarana olahraga.


Pentingnya Peran Serta Masyarakat


Semua harus berperan serta dalam mencegah terjadinya penyebaran DBD dan melakukan pemberantasan jentik nyamuk. Partisipasi masyarakat sangat penting dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan guna mencegah penyebaran penyakit. Dengan adanya program 3M Plus dan partisipasi aktif dari masyarakat, diharapkan penyebaran DBD di Jakarta Utara dapat dikendalikan dan diminimalisir.




Tidak ada komentar