Welda Sanavero: Perempuan Indonesia yang Menyandang Gelar Magister Sastra Dunia - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



Welda Sanavero: Perempuan Indonesia yang Menyandang Gelar Magister Sastra Dunia

Welda Sanavero Perempuan Indonesia yang Menyandang Gelar Magister Sastra Dunia
Illustration: radarbojonegoro.jawapos.com

Welda Sanavero, Seorang Tokoh Sastra Indonesia

Welda Sanavero adalah seorang perempuan Indonesia yang berhasil menjadi orang Indonesia pertama yang menyandang gelar magister sastra dunia. Ia menempuh pendidikan di Nalanda University India selama satu tahun lebih. Sejak berada di bangku madrasah aliyah, Welda sudah menggeluti dunia sastra. Saat belajar di India, ia menemukan banyak hal mengenai akar dari sebuah sastra. Ia ingin mengetahui sastra yang sebenarnya dan mengapa selama ini lebih berfokus pada sastra Eropa. Sastra dunia mempelajari semua sastra yang ada di dunia, termasuk sastra Yunani, Timur Tengah, dan Asia.

Karya-karya Welda Sanavero

  • Perempuan yang Memesan Takdir
  • Paragraf-Paragraf untuk Nurlela
  • Perempuan yang Berjalan Sendirian
  • The Sounds of Silence
  • Welda Sanavero telah menelurkan beberapa buku hasil karyanya sendiri. Buku-bukunya merupakan kisah-kisah berdasarkan kehidupan nyata seorang santri yang selalu tertutup. Ia menulis dari sudut pandang perempuan yang sedang menyantri, menggambarkan pengalaman dan perjuangan mereka. Buku-bukunya mengangkat hal-hal tabu dalam kehidupan pesantren. Meskipun beberapa bukunya dilarang di beberapa pesantren, bukunya justru menjadi best seller.

    Pengalaman Mengajar di India

    Selain menjadi pengarang, Welda Sanavero juga pernah menjadi dosen tamu di salah satu universitas di New Delhi, India. Pengalamannya dalam dunia sastra membuatnya memiliki pemahaman yang mendalam tentang sastra dan dapat berbagi pengetahuannya kepada mahasiswa di India.


    Tidak ada komentar