Wow, NASA Akan Mendaratkan Pesawat di Asteroid Senilai 10.000 Kuadriliun Dollar AS - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



Wow, NASA Akan Mendaratkan Pesawat di Asteroid Senilai 10.000 Kuadriliun Dollar AS

Wow, NASA Akan Mendaratkan Pesawat di Asteroid Senilai 10000 Kuadriliun Dollar AS
Illustration: kompas.com

NASA Meluncurkan Misi Psyche

Pada 13 Oktober 2023, NASA meluncurkan pesawat luar angkasa dari Kennedy Space Center di Cape Canaveral, Florida, dalam misi Psyche. Misi ini merupakan perjalanan ke asteroid unik yang kaya akan logam dan mengorbit Matahari di antara Mars dan Jupiter.

Informasi Terbaru Misi Psyche

Misi Psyche bertujuan untuk menjelajahi asteroid raksasa bernama Psyche 16. Asteroid ini diyakini mengandung logam mulia seperti emas, besi, dan nikel yang terbuka dari planet purba. Selama ini, asteroid-asteroid umumnya mengandung batuan atau es.

Pesawat luar angkasa Psyche telah menempuh perjalanan sejauh 2,2 miliar mil atau setara dengan 3,5 miliar km melalui luar angkasa. Diperkirakan pesawat ini akan mencapai asteroid tujuan pada Agustus 2029. Setelah mencapai asteroid, pesawat akan mengorbit Psyche selama lebih dari dua tahun.

Kapal Psyche akan mengukur gravitasi, sifat magnetik, dan komposisi asteroid tersebut. Pada Mei 2026, pesawat akan mendekati Mars untuk mendapatkan bantuan gravitasi kecil yang akan meningkatkan momentumnya. Hal ini akan membantu pesawat menuju tujuan akhirnya, yaitu Bumi. Misi Psyche direncanakan akan selesai pada November 2031.

Tentang Psyche 16

Psyche 16 adalah asteroid logam raksasa yang mengorbit Matahari di antara Mars dan Jupiter. Asteroid ini memiliki diameter sekitar 140 mil (226 km) dan sebagian besar terdiri dari nikel dan besi, mirip dengan inti planet.

Psyche diyakini sebagai sisa-sisa pembentukan Tata Surya di masa awal. Dengan mempelajari Psyche, para ilmuwan berharap untuk mendapatkan wawasan tentang tabrakan dan akresi yang menciptakan planet-planet terestrial seperti Bumi.


source : kompas.com

Tidak ada komentar