Zara Lepas Hijab, Terinspirasi Buku Sapiens karya Yuval Noah Harari - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



Zara Lepas Hijab, Terinspirasi Buku Sapiens karya Yuval Noah Harari

Zara Lepas Hijab, Terinspirasi Buku Sapiens karya Yuval Noah Harari
Illustration: beritasatu.com

Zara Melepas Hijab setelah Terinspirasi Buku Sapiens

Camillia Laetitia Azzahra atau dikenal Zara, anak mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memutuskan untuk melepas hijabnya. Keputusan ini menjadi sorotan publik, dengan spekulasi bahwa Zara terinspirasi oleh buku berjudul Sapiens karya penulis asal Israel, Yuval Noah Harari. Sebelumnya, Zara telah mengunggah buku tersebut di akun Instagram pribadinya dan menyatakan sedang belajar mencintai buku nonfiksi.

Buku Sapiens: Buku Sejarah Dunia yang Laris di Dunia

Sapiens merupakan salah satu buku sejarah dunia yang sangat populer. Buku ini telah direkomendasikan oleh beberapa tokoh politik dan terkenal di dunia untuk mengetahui sejarah manusia. Selain itu, Sapiens juga telah memenangkan berbagai penghargaan internasional, termasuk menjadi best seller dalam kategori buku sejarah dunia (non-fiksi), best seller versi majalah New York Times, dan memenangkan Wenjin Book Award di Tiongkok pada 2015.

Perilaku Manusia dalam Kajian Sejarah dan Kritik terhadap Agama

Buku Sapiens mendapat pujian karena menceritakan perilaku manusia dan pendekatan historis dalam kajian ilmiah. Di dalamnya, terdapat penjelasan mengenai tiga revolusi penting yang dianggap membentuk jalannya sejarah dunia. Namun, buku ini juga dikritik karena pandangan penulisnya terhadap agama. Yuval Noah Harari berpendapat bahwa agama dibangun di atas mitos, yang merupakan narasi tanpa rujukan pada objek materiel yang riil.

Menurut Harari, manusia memiliki kemampuan bahasa yang unik, yang digunakan untuk membicarakan hal-hal yang tidak dapat ditangkap oleh panca indera. Agama kemudian menjadi alat ikat komunal atau penanda identitas bagi manusia. Pendapat ini tentu saja menuai pro dan kontra di kalangan pembaca buku Sapiens.


Tidak ada komentar