Apartemen Rahasia di Puncak Menara Eiffel: Mengungkap Sebuah Misteri Tersembunyi - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



Apartemen Rahasia di Puncak Menara Eiffel: Mengungkap Sebuah Misteri Tersembunyi

Apartemen Rahasia di Puncak Menara Eiffel: Mengungkap Sebuah Misteri Tersembunyi
Foto Ilustrasi sumber: phinemo.com

Apartemen Rahasia di Puncak Menara Eiffel


Menara Eiffel adalah salah satu landmark yang paling terkenal di dunia dan melambangkan romansa dan kecerdikan dunia. Tempat ini populer dikerubungi wisatawan dan menjadi monumen dengan kunjungan hampir setiap tahunnya lebih dari 300 juta. Namun, di balik kemegahan monumen ini, banyak rahasia yang masih disimpan. Salah satu rahasia yang paling tidak disangka adalah adanya apartemen rahasia di puncak menara Eiffel.


Penampakan Dalam Apartemen Eiffel


Dikutip dari situs Tour Eiffel Paris, Selasa (19/12/2023), ketika Gustave Eiffel merancang landmark paling ikonik di Paris yakni menara Eiffel, ternyata dia juga merancang sebuah apartemen pribadi untuk dirinya sendiri di puncaknya. Sejak awal, tempat apartemen ini memang dimaksudkan untuk menampung pengunjung. Namun, Gustave Eiffel memesan platform di puncak menara yang letaknya tepat di bawah puncaknya.


Apartemen ini dikelilingi dengan balkon terbuka dengan luas lahan sekitar 1.076 kaki persegi (100 meter persegi), meskipun sebagian besar ditempati oleh kabin lift, tangga lantai bawah, dan berbagai instalasi teknis. Apartemen Eiffel ini memiliki fasilitas yang mencakup ruang tamu dengan meja, sofa, piano, dan tiga meja kecil. Dapur, kamar mandi dengan wastafel, serta bilik toilet yang terpisah. Karena tidak ada kamar tidur, hunian ini utamanya dirancang untuk menampung tamu penting dengan nyaman dan agar Gustave Eiffel bisa mengerjakan eksperimen ilmiah yang bisa didengar dari area lain di menara.


Dari Rahasia menjadi Tempat Kerja


Pada masa itu, apartemen ini rahasia dan tidak banyak orang umum yang bisa mengaksesnya. Kini, apartemen tersebut menjadi sebuah tempat kerja dan menjadi area fasilitas teknis dan tersedia terbuka untuk publik. Ini menjadi rekreasi kantor yang dipamerkan dengan patung lilin yang berbentuk Gustave Eiffel, putrinya yakni Claire, dan Thomas Edison. Pemandangan ini mengingatkan kita ketika sang penemu terkenal mengunjungi Paris pada tahun 1889 dan menghadiahkan Eiffel salah satu alat perekam suara pertama yang pernah dibuat.


Video Terkait:

Tidak ada komentar