Fenomena Astronomi yang Memukau di Langit Januari 2024 - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



Fenomena Astronomi yang Memukau di Langit Januari 2024

Fenomena Astronomi yang Memukau di Langit Januari 2024
Foto Ilustrasi sumber: www.harapanrakyat.com

Puncak Hujan Meteor Quadrantid


Langit pada bulan Januari 2024 akan menjadi panggung bagi berbagai fenomena astronomi menakjubkan. Salah satu yang patut dinantikan adalah puncak hujan meteor Quadrantid yang akan terjadi pada tanggal 3-4 Januari 2024. Fenomena ini disebut sebagai yang terbaik dalam setahun dan hanya berlangsung selama beberapa jam saja.


Menurut laman Earth Sky, pada puncak Quadrantid, intensitas meteor mencapai 60-200 meteor per jam. Selain itu, Quadrantid dikenal dengan bola api meteornya yang sangat terang dan memukau. Untuk mengamati hujan meteor ini, waktu terbaik adalah saat malam hari hingga dini hari dengan kondisi langit yang gelap tanpa sinar bulan.


Gerhana Bulan Total


Pertengahan Januari 2024 akan menjadi momen spesial dengan adanya gerhana bulan total. Gerhana bulan adalah peristiwa alam di mana sebagian atau seluruh penampang bulan tertutup oleh bayangan bumi. Gerhana bulan total terjadi saat seluruh bayangan umbra bumi menutupi bulan, sehingga matahari, bumi, dan bulan berada dalam satu garis yang sama.


Berdasarkan penjelasan resmi dari Kemdikbud, gerhana bulan total merupakan salah satu jenis gerhana bulan. Fenomena ini diperkirakan akan terjadi pada tanggal 20-21 Januari 2024. Bagi para pecinta astronomi, ini merupakan kesempatan langka untuk menyaksikan keindahan langit yang luar biasa.


Fenomena Planet Sejajar


Pada tanggal 27 Januari 2024, fenomena planet sejajar atau konjungsi planet akan terjadi. Pada saat itu, Venus, Mars, dan Merkurius akan terlihat berdekatan jika diamati dari bumi. Konjungsi planet adalah fenomena ketika dua planet, satu planet dan bulan, atau satu planet dan satu bintang tampak saling berdekatan di langit malam bumi.


Meskipun fenomena ini tidak memiliki penjelasan astronomis yang mendalam, namun keindahannya tetap membuatnya layak untuk dinikmati. Fenomena planet sejajar terjadi karena planet-planet mengorbit Matahari pada bidang yang hampir sejajar, yang juga dikenal sebagai bidang ekliptika.


HALAMAN SELANJUTNYA:

Tidak ada komentar