Tungku Smelter di Morowali Meledak, 13 Orang Tewas - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



Tungku Smelter di Morowali Meledak, 13 Orang Tewas

Tungku Smelter di Morowali Meledak, 13 Orang Tewas
Foto Ilustrasi sumber: www.youtube.com

Tungku Smelter PT ITSS Meledak


Tungku smelter milik PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS) di Morowali, Sulawesi Tengah (Sulteng) meledak dan menyebabkan 13 orang tewas. Sejumlah pekerja selamat sempat melompat dari ketinggian smelter saat ledakan terjadi. "Jumlah korban meninggal yang terkonfirmasi saat ini sebanyak 13 orang. Sementara itu, sebanyak 46 korban terluka umumnya disebabkan karena terkena uap panas," kata Kepala Divisi Media Relations PT IMIP Dedy Kurniawan dalam keterangannya, Minggu (24/12/2023).


Detik-detik Ledakan Mematikan


Sementara dalam video beredar, terlihat kobaran api membakar salah satu smelter. Tampak asap membumbung tinggi ke arah luar gedung pabrik. Kemudian terlihat sejumlah pekerja nekat melompat dari ketinggian gedung pabrik untuk menghindari kobaran api. Mereka tampak bergantian melompat, sementara pekerja lainnya berlari menjauh dari lokasi ledakan.


Penyebab Ledakan Tungku Smelter


Dedy mengatakan tungku smelter 41 awalnya ditutup untuk operasi pemeliharaan. Namun saat dilakukan perbaikan terdapat sisa slag atau terak dalam tungku yang keluar. "Lalu bersentuhan dengan barang-barang yang mudah terbakar di lokasi. Dinding tungku lalu runtuh dan sisa terak besi mengalir keluar sehingga menyebabkan kebakaran. Akibatnya, pekerja yang berada di lokasi mengalami luka-luka hingga korban jiwa," ujar Dedy.


Data Terbaru Korban Tewas


Dedy juga memperbaharui data ke-13 korban tewas yang sebelumnya disebut terdiri dari 7 WNI dan 6 WNA. Data terbaru menyebutkan ke-13 korban tewas terdiri dari 9 pekerja Indonesia dan 4 lainnya pekerja asal China. "9 Pekerja Indonesia dan 4 pekerja asal Tiongkok (yang tewas dalam ledakan tungku PT ITSS)," terangnya.

Video Terkait:

Tidak ada komentar