Pencarian Prabowo Subianto Dominan di Google - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



Pencarian Prabowo Subianto Dominan di Google

Pencarian Prabowo Subianto Dominan di Google

Pencarian kata kunci 'Prabowo Subianto', yang merupakan calon presiden (capres) nomor urut 2, amat dominan di Google dibandingkan kata kunci terkait dua capres lain. Sebelumnya, Prabowo dominan di semua hasil quick count atau hitung cepat. Berdasarkan Litbang Kompas dengan 99,80 persen data masuk per Sabtu (17/2), contohnya, pasangan Prabowo-Gibran mendapatkan 58,58 persen suara. Sementara, pasangan nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar berada di urutan kedua dengan 25,21 persen suara, dan pasangan nomor urut 3 Ganjar-Mahfud berada di urutan ketiga dengan 16,31 persen suara.


Pencarian <a href='/search/label/Prabowo+Subianto/?&max-results=7'>Prabowo Subianto</a> Dominan di Google
Ilustrasi: www.kaskus.co.id

Keunggulan Prabowo ini terjadi nyaris di semua wilayah atau lebih dari 20 provinsi, yang merupakan salah satu syarat menang satu putaran pemilu. AdSenasib, Prabowo juga unggul di ranah pencarian di internet. Menurut pantauan CNNIndonesia.com pada Senin (19/2), kata kunci 'Prabowo Subianto' yang terkait dengan jabatan Menteri Pertahanan selalu jawara Google Trends sejak sebulan atau pun 90 hari lalu. Pencarian bahkan melonjak tinggi pada hari pencoblosan, Rabu (14/2), dengan pencarian Prabowo Subianto mencapai nilai indeks 100. Dominasi Prabowo di mesin pencarian ini tak hanya di wilayah tertentu, melainkan hampir di seluruh provinsi. Pencarian Prabowo selalu berada di atas 50 persen di 34 provinsi.


Beberapa pencarian yang paling menarik perhatian publik terhadap Prabowo adalah "kampanye prabowo di gbk," "prabowo masuk rumah sakit," "gbk," "prabowo gbk," hingga "kampanye akbar prabowo." Sementara itu, kata kunci 'Anies Baswedan', yang dikaitkan dengan status mantan Gubernur DKI Jakarta, berada di urutan kedua paling banyak dicari, unggul dari 'Ganjar Pranowo', yang berstatus mantan Gubernur Jawa Tengah, yang ada di urutan ketiga. Beberapa topik yang ramai dicari publik adalah "kampanye akbar anis," "kampanye akbar anies di jis," "haveaniesday," "rekam jejak anis baswedan," hingga "fitnah lagi.com." Sedangkan pencarian terpopuler untuk Ganjar mencakup "kampanye ganjar gbk," "kampanye terakhir ganjar," "exit poll," "ahok dukung ganjar," hingga "kampanye akbar ganjar."


Lebih lanjut, Google Trends tampak mengalami perubahan hingga menjelang hari pencoblosan. Pasalnya, data Google Trends hingga 30 Januari menunjukkan keunggulan buat Anies. Google Trends menunjukkan grafik pencarian mantan Gubernur DKI Jakarta ini unggul terhadap Prabowo dan Ganjar dalam 30 hari terakhir maupun 90 hari terakhir. Kesamaannya, ketiga capres ini mendapatkan puncak peningkatan pencarian usai debat capres kedua pada Minggu (7/1). Pada debat tersebut, Anies konsisten 'me-roasting' Prabowo lewat penilaian rendahnya sebagai Menteri Pertahanan hingga soal luas lahan yang dikuasai mantan Danjen Kopassus itu. Anies, contohnya, dapat skor Google Trends 100 pada 8 Januari dan 98 pada 9 Januari. Prabowo mendapat nilai serupa, sementara Ganjar cuma mendapat puncak pencarian pada 7 Januari.


HALAMAN SELANJUTNYA:

Tidak ada komentar