6 Minuman yang Bisa Membantu Mengeluarkan Batu Ginjal - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



6 Minuman yang Bisa Membantu Mengeluarkan Batu Ginjal

6 Minuman yang Bisa Membantu Mengeluarkan Batu Ginjal
Illustration: mhomecare.co.id

Penyakit Batu Ginjal

Batu ginjal adalah salah satu penyakit ginjal yang jarang disadari karena penderita tidak merasakan gejala sampai batu turun ke ureter atau saluran yang menghubungkan ginjal dan kandung kemih. Penyakit batu ginjal atau nefrolitiasis adalah kondisi terbentuknya endapan padat dan keras yang menyerupai batu di ginjal. Penyebab masalah gangguan ginjal ini tergantung pada jenis batunya.


Minuman untuk Mengeluarkan Batu Ginjal

Air Mineral (Pexel)
Illustration: www.nolmeter.com

Tubuh yang terhidrasi dapat membantu mengeluarkan batu ginjal lebih cepat. Air diklaim dapat membantu mempercepat proses pengeluaran batu ginjal karena asupan air di dalam tubuh meningkat. Seseorang harus mengonsumsi air yang cukup untuk menghasilkan sekitar dua liter urin demi mencegah batu ginjal. Dehidrasi adalah salah satu faktor risiko utama batu ginjal.


Jus <a href='/search/label/Lemon/?&max-results=7'>Lemon</a>
Illustration: sweetrip.id

Menambah perasan lemon ke dalam air dapat mencegah pembentukan batu kalsium pada ginjal. Lemon mengandung sitrat yang juga diklaim dapat memecah batu-batu kecil agar lebih mudah keluar. Suplemen kalium sitrat juga dapat membantu mengurangi faktor risiko batu ginjal pada seseorang yang sebelumnya mengidap batu ginjal. Lemon juga memiliki manfaat kesehatan lainnya seperti menghambat pertumbuhan bakteri dan menghasilkan vitamin C bagi tubuh.


Jus <a href='/search/label/Kemangi/?&max-results=7'>Kemangi</a>
Illustration: www.youtube.com

Jus kemangi dapat membantu mendukung fungsi ginjal karena mengandung antioksidan dan sifat anti-inflamasi. Namun, masih diperlukan studi lebih lanjut terhadap manusia terkait hubungan antara jus kemangi dan batu ginjal. Efek samping konsumsi dalam jangka waktu yang panjang juga masih belum diketahui secara pasti.


<a href='/search/label/Cuka%20Sari%20Apel/?&max-results=7'>Cuka Sari Apel</a>
Illustration: www.pandagaul.com

Cuka sari apel mengandung asam asetat yang dapat melarutkan batu ginjal. Konsumsi cuka dapat membantu mengurangi pembentukan batu ginjal. Sebuah uji klinis pada manusia bahkan sedang dilakukan untuk membandingkan efektivitas cuka sari apel dan beberapa minuman lain untuk mencegah pembentukan batu ginjal. Namun, pastikan untuk tidak mengonsumsi cuka sari apel dalam jumlah yang banyak karena dapat menyebabkan kerusakan gigi dan masalah pencernaan.


Jus <a href='/search/label/Seledri/?&max-results=7'>Seledri</a>
Illustration: www.genpi.co

Seledri digunakan dalam beberapa pengobatan tradisional sebagai obat batu ginjal. Sebuah studi menemukan bahwa ekstrak seledri membantu memecah batu ginjal. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengkaji hubungan antara jus seledri dan batu ginjal.


<a href='/search/label/Kaldu%20Kacang%20Merah/?&max-results=7'>Kaldu Kacang Merah</a>
Illustration: inatonreport.com

Kaldu dari kacang merah merupakan hidangan tradisional di India yang diklaim dapat meningkatkan kesehatan saluran kemih dan ginjal. Namun, hanya ada sedikit bukti yang membuktikan keampuhan pengobatan ini. Jika tertarik untuk mencobanya, cukup saring cairan dari kacang matang dan minumlah beberapa kali sehari.


Tidak ada komentar