Bagaimana Sikat Gigi Dapat Membatalkan Puasa? - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



Bagaimana Sikat Gigi Dapat Membatalkan Puasa?

Bagaimana Sikat Gigi Dapat Membatalkan Puasa?
Illustration: lifestyle.bisnis.com

Sikat Gigi dan Puasa

Puasa adalah kegiatan menahan lapar, haus, dan hal-hal lain yang membatalkan. Selain itu, selama puasa, kita juga harus menghindari sesuatu dari luar masuk ke dalam tubuh melalui bagian manapun. Lalu, bagaimana dengan sikat gigi saat puasa? Apakah sikat gigi dapat membatalkan puasa? Berikut informasinya.


Hukum Sikat Gigi Saat Puasa

Sikat gigi dengan pasta gigi
Illustration: health.tribunnews.com

Berkumur dan sikat gigi merupakan aktivitas memasukkan sesuatu ke dalam mulut. Dilansir laman NU online, kedua hal tersebut menjadi kekhawatiran sebagian orang karena takut dapat membatalkan puasa. Syekh Muhammad Nawawi Al-Bantani dalam Nihayatuz Zain menjelaskan bahwa berkumur dan sikat gigi ketika puasa hukumnya makruh. Kemudian, Imam Nawawi dalam al-Majmu' menyampaikan penjelasan lain terkait hukum sikat gigi saat puasa. Sikat gigi harus hati-hati dan diperhatikan, sebab jika ada material yang masuk ke tenggorokan, baik air, pasta gigi, atau bulu dari sikat gigi, maka puasanya batal, meskipun dilakukan tanpa sengaja.


Cara Menggosok Gigi Saat Puasa

Oleh karena itu, orang yang berpuasa hendaknya menggosok gigi sebelum waktu imsak tiba. Jika sudah siang, cukup gosok gigi dengan kayu siwak (arok) atau dengan sikat gigi tanpa menggunakan pasta. Dengan demikian, sikat gigi saat puasa diperbolehkan, tetapi jangan sampai ada air yang tertelan karena akan membatalkan puasa.


Tidak ada komentar