Gerhana Bulan Penumbra Hari Ini: Jadwal, Durasi, dan Lokasi Pengamatan - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



Gerhana Bulan Penumbra Hari Ini: Jadwal, Durasi, dan Lokasi Pengamatan

Gerhana Bulan Penumbra Hari Ini Jadwal, Durasi, dan Lokasi Pengamatan
Illustration: kompas.com

Fenomena Gerhana Bulan Penumbra akan terjadi hari ini, Senin (25/3/2024), dan dapat diamati di langit Indonesia. Gerhana Bulan Penumbra adalah peristiwa ketika cahaya Matahari terhalangi oleh Bumi sehingga tidak semuanya sampai ke Bulan. Fenomena ini terjadi saat posisi Matahari-Bumi-Bulan sejajar sehingga Bulan hanya masuk ke bayangan penumbra Bumi.




Saat puncak gerhana terjadi, cahaya Bulan akan terlihat lebih redup daripada saat purnama. Waktu puncak Gerhana Bulan Penumbra hari ini adalah pada pukul 14.12.48 WIB, 15.12.48 Wita, dan 16.12.48 WIT. Fenomena ini akan berlangsung selama 4 jam 43 detik, dimulai pada pukul 11.50.58 WIB dan berakhir pada pukul 16.34.38 WIB.



Fenomena Gerhana Bulan Penumbra hari ini dapat disaksikan di Indonesia, Amerika, Kanada, sebagian kecil negara di Asia, Australia, Selandia Baru, Rusia, sebagian Eropa, dan Afrika. Namun, di Indonesia, sebagian besar wilayah tidak bisa menyaksikan Gerhana Bulan Penumbra karena Bulan belum terbit. Hanya 3 wilayah di Indonesia yang dapat menyaksikan fenomena ini, yaitu Papua, Papua Barat, dan sebagian Maluku.


Fenomena Gerhana Bulan Penumbra selanjutnya diperkirakan terjadi pada 5 April 2042 dan juga dapat diamati di langit Indonesia.


source : kompas.com


Tidak ada komentar