Makanan yang Sering Dianggap Mengganggu Kesehatan Ternyata Bermanfaat Jika Dikonsumsi dengan Tepat - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



Makanan yang Sering Dianggap Mengganggu Kesehatan Ternyata Bermanfaat Jika Dikonsumsi dengan Tepat

Makanan yang Sering Dianggap Mengganggu Kesehatan Ternyata Bermanfaat Jika Dikonsumsi dengan Tepat
Ilustrasi: resepaneka99.blogspot.com

Ada beberapa jenis makanan yang sering dianggap mengganggu kesehatan. Padahal, makanan-makanan ini justru bisa bermanfaat bagi kesehatan bila dikonsumsi dalam jumlah yang sesuai. Yuk, cari tahu lebih lanjut makanan apa saja yang dimaksud.



<a href='/search/label/daging%20merah/?&max-results=7'>daging merah</a> sehat
Ilustrasi: siakapkeli.my

Daging merah sering kali dianggap bisa menimbulkan gangguan kesehatan. Padahal, jika diolah secara sehat, daging merah justru bisa menjadi sumber protein, asam lemak omega-3, vitamin B12, zat besi, seng, dan niacin yang baik untuk kesehatan. Untuk mendapatkan manfaat kesehatan tersebut, kamu perlu membatasi konsumsi daging merah. Porsi aman yang disarankan adalah tidak lebih dari 70 gram sehari. Selain itu, kamu lebih dianjurkan untuk mengonsumsi daging merah tanpa lemak karena bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.



Selai kacang mengandung lemak tidak jenuh dan sejumlah vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan. Mengonsumsi selai kacang secara teratur bisa membantu menurunkan kolesterol jahat, sehingga bisa mencegah terjadinya penyakit jantung. Pilihlah selai kacang yang tidak mengandung garam dan pastikan kamu mengonsumsinya tidak lebih dari 2 sendok makan per hari.



<a href='/search/label/cokelat/?&max-results=7'>cokelat</a> hitam
Ilustrasi: berkeluarga.id

Cokelat hitam mengandung flavonoid yang melindungi tubuh dari kerusakan sel, meningkatkan aliran darah ke jantung dan otak, menurunkan tekanan darah, serta menurunkan risiko penyakit jantung tertentu. Pilihlah coklat hitam murni tanpa tambahan gula berlebih dan batasi konsumsi cokelat sekitar 40 gram per hari.



Pasta rendah garam dan lemak, serta mengandung sejumlah nutrisi penting untuk kesehatan. Pilihlah pasta dari gandum utuh dan masaklah dengan minyak zaitun, sedikit keju, dan garam sebagai perasa untuk menjadikannya lebih menyehatkan.



Makan ikan dan seafood dalam jumlah yang wajar tidak akan menimbulkan masalah kesehatan. Makanan ini mengandung omega-3, DHA, protein, serta sejumlah vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan. Batasi konsumsi ikan dan seafood tidak lebih dari 3 porsi seminggu atau kurang dari 300 gram.



Telur dapat menjadi sumber protein yang murah dan tidak membahayakan kesehatan jantung dan pembuluh darah jika dikonsumsi secara terbatas. Kamu bisa mengurangi risiko peningkatan kadar kolesterol dengan mengonsumsi putih telurnya saja. Batasi konsumsi telur hanya 1-2 butir per hari.



Popcorn mengandung magnesium, mangan, dan vitamin B yang bisa melindungi tubuh dari kerusakan sel dan penyakit. Batasi penggunaan mentega dan garam saat mengolah popcorn, dan usahakan untuk memakannya polosan atau tanpa gula agar bisa mendapatkan khasiat dari camilan ini.



Alpukat mengandung lemak yang baik untuk jantung dan menyimpan kolesterol baik. Selain itu, makan alpukat secara teratur dapat menjaga kesehatan kulit dan mata, serta mengurangi lemak perut. Pilihlah alpukat tanpa tambahan gula atau susu kental manis.



Sayur beku yang biasa dijual di supermarket sama sehatnya dengan sayur segar. Tetap ada kemungkinan sayur segar dibekukan saat bahan tersebut mengandung kadar nutrisi terbaik.



Makan kacang dengan porsi yang tepat dapat membantu perut lebih cepat kenyang, sehingga bisa mengurangi keinginan untuk makan dalam jumlah yang berlebihan. Selama dikonsumsi dalam batas wajar, kacang tidak akan menimbulkan masalah kulit.



Kentang mengandung banyak nutrisi, misalnya magnesium dan kalium, serta mengandung serat yang baik untuk kesehatan usus. Kentang bisa dikonsumsi dengan cara direbus, dipanggang, atau dikukus. Pastikan kamu menggunakan mayones yang rendah kalori dan rendah lemak sebagai dressing untuk salad kentang.



HALAMAN SELANJUTNYA:

Tidak ada komentar