Mengenal Manfaat dan Kandungan Gizi Susu untuk Pertumbuhan Anak - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



Mengenal Manfaat dan Kandungan Gizi Susu untuk Pertumbuhan Anak

Mengenal Manfaat dan Kandungan Gizi Susu untuk Pertumbuhan Anak
Ilustrasi: iresepi.net

Susu merupakan asupan bergizi tinggi, umumnya diperoleh dari susu sapi. Komposisi nutrisi susu sangat kompleks dan mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, khususnya anak dalam masa pertumbuhan. Sejak lahir, anak dianjurkan untuk mendapat asupan susu, dimulai dari ASI yang mengandung banyak nutrisi serta sumber daya tahan tubuh, hingga pengenalan terhadap jenis susu utuh atau whole milk yang biasa dikonsumsi mulai usia 1-2 tahun. Karena, lemak dalam susu dibutuhkan untuk perkembangan otak anak.


protein susu
Ilustrasi: www.ceritabunda.com

Dalam masa pertumbuhan, anak wajib diberikan asupan makanan dengan gizi seimbang. Melengkapinya dengan pemberian susu juga disarankan oleh para ahli. Hal ini bertujuan untuk menjaga daya tahan tubuh anak serta membantu proses tumbuh kembangnya. Penelitian menunjukkan bahwa susu bermanfaat dalam pembentukan tulang untuk jangka panjang, karena susu kaya akan kalsium. Susu juga menyediakan karbohidrat sebagai sumber energi yang dibutuhkan anak untuk aktivitasnya sepanjang hari.

Selain itu, ada beberapa kandungan gizi lainnya yang terkandung pada susu, antara lain:

  • Protein: Susu menjadi salah satu dari sumber protein berkualitas tinggi yang sangat baik untuk pertumbuhan dan kesehatan. Jenis protein tersebut adalah protein kasein dan whey. Protein kasein bermanfaat dalam meningkatkan penyerapan mineral, seperti kalsium dan fosfor, sedangkan protein whey sangat baik untuk pertumbuhan dan pemeliharaan otot.
  • Lemak susu: Lemak susu adalah salah satu lemak alami yang paling kompleks. Pada anak, lemak dari susu membantu tumbuh kembangnya. Berikan anak susu sesuai kebutuhannya untuk menunjang pertumbuhan anak tanpa meningkatkan risiko obesitas.
  • Vitamin dan Mineral: Susu adalah sumber vitamin dan mineral yang sangat baik. Di antaranya adalah vitamin B12, kalsium, riboflavin, dan fosfor. Selain itu, kebanyakan produk susu juga diperkaya dengan berbagai vitamin lain, termasuk vitamin A dan D.

Untuk mendukung pertumbuhan yang optimal, susu adalah pelengkap nutrisi yang penting bagi anak. Namun, banyaknya pemberian susu sebaiknya disesuaikan dengan usia anak. Ada berbagai jenis susu di pasaran berdasarkan proses produksinya, termasuk susu UHT (ultra high temperature). Sebaiknya pilih susu UHT segar dengan tanggal kedaluarsa yang masih jauh. Selain itu, perhatikan kemasan susu yang akan dibeli, pastikan terbuat dari bahan yang aman dan dalam keadaan utuh. Perhatikan juga rasa susu yang diminum oleh anak, hindari susu dengan tambahan gula yang berlebihan. Jangan menambahkan garam pada susu untuk anak, karena asupan garam pada anak harus disesuaikan dengan jumlah kebutuhan hariannya.


HALAMAN SELANJUTNYA:

Tidak ada komentar