Penyebab dan Cara Mengatasi Mata Kedutan Sebelah Kiri - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



Penyebab dan Cara Mengatasi Mata Kedutan Sebelah Kiri

Penyebab dan Cara Mengatasi Mata Kedutan Sebelah Kiri

Mata kedutan sebelah kiri sering kali dikaitkan dengan hal buruk akan terjadi. Namun, kondisi ini ada penjelasan medisnya. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan terjadinya mata kedutan, dari kebanyakan minum kopi hingga kerusakan saraf.

Menjalani pola hidup yang tidak sehat, seperti kelelahan, stres, maupun terlalu banyak minum kafein atau alkohol, bisa menjadi penyebab mata kedutan sebelah kiri. Selain itu, efek samping obat-obatan juga bisa menyebabkan terjadinya mata kedutan.


Kedutan yang disebabkan oleh beberapa kondisi tersebut umumnya hanya terjadi sementara. Namun, kedutan di mata sebelah kiri yang berlangsung lama atau terasa hingga ke wajah perlu dicurigai disebabkan oleh kondisi medis tertentu.

blefarospasme
Ilustrasi: healthlifemedia.com
Salah satu penyebab mata kedutan sebelah kiri adalah blefarospasme. Kondisi ini terjadi ketika otot mata terus mengedip dan berkedut akibat kelainan saraf mata.

hemifacial spasm
Ilustrasi: tylerneuro.com
Hemifacial spasm juga bisa menjadi penyebab mata kedutan sebelah kiri. Kondisi ini terjadi akibat gangguan pada sistem saraf karena pembengkakan pembuluh darah maupun tumor.

Bell’s palsy
Ilustrasi: dentagama.com
Otot-otot wajah melemah atau lumpuh sementara, yang dikenal dengan istilah Bell’s palsy, juga bisa menyebabkan mata kedutan sebelah kiri.

sindrom Tourette
Ilustrasi: www.youtube.com
Sindrom Tourette adalah kondisi yang menyebabkan gerakan dan suara berulang secara tiba-tiba yang tidak terkendali (tic). Gerakan berulang seperti mata yang terus berkedip, meringis, dan mata kedutan sebelah kiri adalah beberapa contoh tic yang dapat dialami oleh penderita sindrom ini.

sindrom Meige
Ilustrasi: www.mdsabstracts.org
Sindrom Meige merupakan gangguan langka yang menyebabkan penderitanya mengalami kejang pada mata, sehingga terjadi mata kedutan sebelah kiri.

Mata kedutan sebelah kiri juga bisa disebabkan oleh stroke. Kondisi ini terjadi ketika aliran darah ke otak menjadi tidak lancar atau terhenti, sehingga menyebabkan kerusakan saraf dan otot yang mengontrol pergerakan mata.


Meskipun tidak berbahaya dan bisa sembuh dengan sendirinya, kedutan di mata sebelah kiri bisa cukup mengganggu aktivitas. Untuk mempercepat penyembuhan mata kedutan sebelah kiri, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, seperti:

  • Tidur yang cukup jika mata kedutan sebelah kiri disebabkan oleh kelelahan.
  • Istirahatkan mata dengan memejamkannya sebentar selama 10–15 detik, lalu pandanglah objek yang jauh.
  • Gunakan obat tetes mata jika mata kedutan sangat parah hingga menyebabkan mata kering.
  • Lakukan meditasi atau yoga untuk mengelola stres.
  • Batasi konsumsi kafein dan jangan mengonsumsi minuman beralkohol.

Jika Anda mengalami mata kedutan sebelah kiri yang berlangsung selama berminggu-minggu hingga kesulitan untuk membuka mata atau melihat, segera periksakan ke dokter mata untuk mendapatkan penanganan. Begitu juga halnya jika kedutan di mata menyebar hingga ke wajah atau membuat mata menjadi bengkak, kemerahan, dan berair.

Dokter dapat memberikan pengobatan, termasuk melakukan suntik botox, sesuai dengan penyebab dan keparahan mata kedutan sebelah kiri yang Anda alami. Pada kasus yang parah, dokter juga dapat menyarankan operasi.


HALAMAN SELANJUTNYA:

Tidak ada komentar