Wow! Lansia Berusia 80-an Bekerja di Uma Oma Cafe - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



Wow! Lansia Berusia 80-an Bekerja di Uma Oma Cafe

Wow Lansia Berusia 80an Bekerja di Uma Oma Cafe
Illustration: kompas.com

KOMPAS.com - Rustina (81) dan Warsinah (79) menyambut tamu yang datang dengan tersenyum ramah. Kerutan matanya ikut bergerak ketika senyumnya berkembang, senyum yang tampak tulus.



Juna pendiri a hrefsearchlabelUma20Oma20Cafemaxresults7Uma Oma Cafea
Illustration: pojokjakarta.com

Badan mereka yang mungil, entah karena usia atau memang itu perawakannya tampak kontras dengan tamu Uma Oma Cafe di Melawai, Jakarta Selatan yang kebanyakan anak muda dari generasi Z dan Milennial. Siapa sangka, di area Melawai yang jadi tempat nongkrong anak muda sedari 1980-an sampai sekarang, terdapat pekerja kafe usia 80-an.



"Saya awalnya adalah karyawan swasta dan aktif di yayasan, beberapa kali terlibat dengan panti jompo. Di sana saya lihat banyak lansia berjuang hidup, tidak semuanya sudah menyiapkan dana pensiun dan banyak yang kurang beruntung," cerita Juna.




Di sisi lain, Juna melihat bahwa sebenarnya banyak lansia di panti jompo yang masih aktif dan produktif. Kebanyakan dari lansia di panti jompo ini juga kesepian.



"Akhirnya saya izin dengan yayasan boleh tidak bikin Uma Oma, banyak (lansia) yang daftar, awalnya kita menerima tiga orang sekarang sudah empat," pungkas Juna.



Rustina dan Warsinah bekerja di a hrefsearchlabelUma20Oma20Cafemaxresults7Uma Oma Cafea
Illustration: travel.tribunnews.com

Rustina dan Warsinah mengaku tidak menyangka di usia lanjut masih bisa bekerja di kafe. Mereka dari awal memang bekerja sebagai posisi penyambut tamu, seperti rencana Juna menyesuaikan beban kerja para pekerja lansia.



"Kami menyesuaikan karena memang di Uma Oma Cafe tempatnya bayak tangga. Mereka di awal kerja hanya enam jam sehari, tetapi setelah shiftnya selesai tidak mau pulang dan masih mau bekerja akhirnya kami tambah jadi tujuh jam sehari," jelas Juna.



Saat berkunjung ke Uma Oma Cafe, kamu mungkin akan melihat pemandangan unik yaitu penyambut tamu lansia dan pekerja anak muda yang bekerja di balik rak makanan dan meja pembuat kopi. Varian makanan di menu tidak begitu beragam, tetapi menyajikan masakan dengan rasa rumahan.



"Dari Uma Oma Cafe ini juga kami ingin membuktikan bahwa lansia bisa berkerja dan antargenerasi bisa kerja harmonis sesuai pembagian tugas masing-masing," kata Juna.



source : kompas.com


Tidak ada komentar