Doa dan Waktu Mustajab Memanjatkan Doa di Malam Lailatul Qadar - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



Doa dan Waktu Mustajab Memanjatkan Doa di Malam Lailatul Qadar

Doa dan Waktu Mustajab Memanjatkan Doa di Malam Lailatul Qadar
Illustration: detik.com

Doa di Malam Lailatul Qadar

Malam Lailatul Qadar adalah malam yang istimewa di bulan Ramadan. Malam Lailatul Qadar terletak di antara malam-malam ganjil pada 10 hari terakhir Ramadan. Syekh Syihabuddin al-Qalyubi dalam Kitab An Nawadir mengatakan bahwa malam lailatul qadar termasuk waktu mustajab untuk berdoa. Malam tersebut memiliki kemuliaan yang lebih baik daripada seribu bulan. Simak berikut doa yang bisa dipanjatkan saat Malam Lailatul Qadar dan waktu mustajab memanjatkannya, dirangkum detikJabar dari beragam literatur.


Kapan Waktu Mustajab Memanjatkan Doa di Malam Lailatul Qadar?

Salah satu waktu mustajab untuk berdoa adalah pada sepertiga malam terakhir. Dalam buku Kumpulan Doa Mustajab Pembuka Pintu Rezeki dan Kesuksesan karya Deni Lesmana, tertulis waktu yang dimaksud dari sepertiga malam, yakni waktu malam hari yang mendekati waktu Subuh atau di waktu sahur. Selain itu, waktu ini juga merupakan waktu dibukanya pintu rahmat dan dikabulkannya doa, kepada siapa saja yang terbangun dan beribadah kepada-Nya. Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa melaksanakan shalat pada malam lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni."


Kapan Malam Lailatul Qadar Tahun Ini?

Allah SWT menyediakan malam penuh keistimewaan pada malam Lailatul Qadar. Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Barangsiapa melaksanakan shalat pada malam lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni." Para ulama berusaha untuk mencari malam tersebut. Rasullullah SAW memberi isyarat dalam sabdanya: "Carilah malam lailatul qadar di (malam ganjil) pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan." Jika mengacu pada hasil sidang isbat Kemenag, maka 10 hari terakhir Ramadan 1445 Hijriah dimulai tanggal 31 Maret 2024. Sementara menurut hasil hisab PP Muhammadiyah, maka 10 hari terakhir Ramadan 1445 Hijriah dimulai tanggal 30 Maret 2024.



source : detik.com

Tidak ada komentar