Ilmuwan Peter Higgs Meninggal Dunia pada Usia 94 Tahun - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



Ilmuwan Peter Higgs Meninggal Dunia pada Usia 94 Tahun

Ilmuwan Peter Higgs Meninggal Dunia pada Usia 94 Tahun
Illustration: detik.com

Peter Higgs: Ilmuwan di Balik "Partikel Tuhan"


Jakarta - Peter Higgs, ilmuwan penting asal Inggris yang mencetuskan gagasan "partikel Tuhan" atau Higgs Boson, telah meninggal dunia pada usia 94 tahun. Sebuah pernyataan dari Universitas Edinburgh mengatakan dia meninggal pada hari Senin (8/4/2024) waktu setempat. Mereka menyebut Prof Higgs sebagai "ilmuwan yang benar-benar berbakat yang visi dan imajinasinya telah memperkaya pengetahuan kita tentang dunia di sekitar kita".


Penemuan Partikel Tuhan


Pada tahun 1960-an, Higgs dan fisikawan lainnya menemukan ide untuk menjelaskan mengapa bahan penyusun alam semesta memiliki massa. Hal ini memicu pencarian sebuah partikel yang dapat menjelaskan tiga gaya fundamental (elektromagnetisme dan gaya nuklir lemah dan kuat) dalam satu teori. Pada tahun 2012, para ilmuwan yang menggunakan Large Hadron Collider di Organisasi Eropa untuk Penelitian Nuklir (CERN) di Swiss akhirnya menemukan partikel ini, mereka menamakannya Higgs Boson. Setahun kemudian, karya Higgs diakui dalam Hadiah Nobel yang ia bagikan dengan Francois Englert dari Belgia.


Biografi Peter Higgs


Peter Higgs lahir di Newcastle upon Tyne pada tahun 1929. Di sekolahnya di Bristol, dia adalah siswa brilian yang memenangkan penghargaan atas karya sainsnya, meskipun dalam bidang kimia, bukan fisika. Peter Higgs menyelesaikan gelar PhD di King's College. Namun, selanjutnya dia menuju ke Universitas Edinburgh di mana dia terus mengajukan pertanyaan, "Mengapa beberapa partikel mempunyai massa?". Teorinya kesulitan mendapat tempat di jurnal ilmiah, sebagian karena hanya sedikit orang yang memahaminya, tetapi akhirnya diterbitkan pada tahun 1964. Meski ada rumor tentang momen "eureka", dia mengatakan teorinya terbentuk selama bertahun-tahun. Dua kelompok ilmuwan lain pada waktu itu juga menerbitkan karya tentang gagasan yang sama.


Penemuan Higgs Boson


Partikel yang dicetuskan oleh Prof Higgs ini selama 50 tahun dicari oleh para ilmuwan menggunakan beberapa teknologi paling spektakuler di Bumi. Prof Higgs pensiun dari Universitas Edinburgh pada tahun 2006. Kendati begitu ia terus mengamati perkembangan CERN di Jenewa, di mana para ilmuwan menggunakan Large Hadron Collider untuk mencari Higgs Boson. Akselerator partikel, yang dibangun dengan biaya USD 10 miliar itu, adalah yang paling kuat yang pernah ada. Ia dianggap sebagai mesin yang dapat membuktikan atau menyangkal teori Prof Higgs. Boson dijuluki 'partikel Tuhan' oleh media, diambil dari nama buku karya peraih Nobel Leon Lederman. Para ilmuwan keberatan dengan istilah tersebut karena mereka mengatakan agama tidak mempunyai peran dalam fisika berbasis bukti. Pada tahun 2012, fisikawan di CERN akhirnya mengumumkan dengan meriah bahwa mereka telah menemukan Higgs Boson.


Warisan dan Penghargaan


Prof Higgs dikenal sebagai seorang pria pemalu yang merasa tidak nyaman dengan perhatian yang diberikan akibat teorinya. Ketika pengumuman itu dibuat, dia menyeka air matanya, tetapi mengatakan kepada wartawan, "Terkadang sangat menyenangkan untuk menjadi benar". Prof Higgs memiliki pengaruh besar terhadap pemahaman kita tentang alam semesta. Ia mengusulkan adanya medan yang meliputi seluruh alam semesta, mulai dari massa, partikel, elektron, hingga kuark teratas. Selain itu, dia juga dikenal sebagai sosok yang rendah hati dan memberikan semangat kepada generasi ilmuwan dan cendekiawan masa depan.


source : detik.com


Tidak ada komentar