Kantor Wajib Adakan Senam Kebugaran Jasmani - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



Kantor Wajib Adakan Senam Kebugaran Jasmani

Kantor Wajib Adakan Senam Kebugaran Jasmani
Illustration: antaranews.com

Semua Snack Kantor Diganti dengan Buah


Praktisi kesehatan masyarakat, dr. Ngabila Salama, menganjurkan agar setiap kantor menjadwalkan kegiatan senam kebugaran jasmani satu kali dalam seminggu. Anjuran ini bertujuan untuk meningkatkan pola hidup sehat bagi para pekerja kantoran. Selain itu, Ngabila juga menyarankan agar makanan ringan yang biasanya dikonsumsi saat rapat diganti dengan buah.


Pentingnya Senam Kebugaran Jasmani


Ngabila menjelaskan bahwa senam kebugaran jasmani memiliki manfaat untuk kesehatan jantung. Untuk mencapai pola hidup sehat yang menjadi budaya sehari-hari, senam peregangan di kantor dapat dilakukan setiap jam 10.00 dan 14.00 selama 15 menit. Satu kali senam dapat mencapai sekitar 2.000-2.500 langkah, yang merupakan aktivitas fisik yang baik untuk kesehatan.


Mencapai 8.000-10.000 Langkah Per Hari


Menurut Ngabila, mencapai 8.000-10.000 langkah per hari dapat mencegah penyakit jantung dan serangan jantung koroner. Aktivitas fisik ini tidak harus berupa olahraga, namun bisa dilakukan dengan berjalan atau melangkah. Ngabila menyarankan agar setiap individu melakukan hal yang disukai dan dinikmati, seperti melakukan pekerjaan rumah tangga, yang dapat mencapai minimal 8.000 langkah per hari.


Skrining Kesehatan di Perkantoran


Ngabila juga menganjurkan perkantoran untuk melakukan skrining kesehatan, seperti mengukur tekanan darah, berat badan, indeks massa tubuh (IMT), dan lingkar pinggang. Lingkar pinggang normal adalah kurang dari 80 cm untuk wanita dan kurang dari 90 cm untuk pria. Tekanan darah normal adalah kurang dari 140/90 mmHg, dan IMT normal adalah 18,5-23 Kg/m2.




Tidak ada komentar