Kenali Gejala Kanker Serviks yang Muncul Setelah Berhubungan Intim - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



Kenali Gejala Kanker Serviks yang Muncul Setelah Berhubungan Intim

Kenali Gejala Kanker Serviks yang Muncul Setelah Berhubungan Intim
Illustration: health.detik.com

Perdarahan Setelah Berhubungan Intim

Kanker serviks merupakan jenis kanker terbanyak yang dialami oleh perempuan setelah kanker payudara. Menurut data Kementerian Kesehatan RI tahun 2021, tercatat ada 36.633 kasus atau 17,2 persen kanker serviks dari seluruh kanker pada wanita. Angka kematian dari penyakit ini pun mencapai 21.003 atau 19,1 persen. Salah satu gejala kanker serviks yang mungkin muncul setelah berhubungan intim adalah perdarahan pada vagina.

Gejala Perdarahan Menandakan Stadium Lanjut

Spesialis obstetri dan ginekologi dr Fitriyadi Kusuma, SpOG Subsp Onk menjelaskan bahwa gejala perdarahan yang muncul setelah berhubungan intim menandakan bahwa kanker serviks sudah memasuki stadium lanjut. Oleh karena itu, pemeriksaan dan perawatan kanker harus segera dilakukan untuk menyelamatkan pasien. Dr. Fitriyadi juga mengimbau masyarakat untuk tidak takut melakukan pemeriksaan dini kanker serviks ke fasilitas kesehatan terdekat, terutama pada wanita yang sudah aktif secara seksual.

Selain Perdarahan, Ada Gejala Lain yang Mungkin Muncul

Selain perdarahan, wanita yang mengalami kanker serviks juga mungkin merasakan kram setelah berhubungan intim, rasa tidak nyaman di area vagina, dan munculnya bau khas. Jika mengalami gejala-gejala tersebut, segera konsultasikan dengan dokter untuk penanganan yang tepat.


Tidak ada komentar