Pemerintah Izinkan WFH untuk ASN dalam Antisipasi Arus Balik Lebaran 2024 - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



Pemerintah Izinkan WFH untuk ASN dalam Antisipasi Arus Balik Lebaran 2024

Pemerintah Izinkan WFH untuk ASN dalam Antisipasi Arus Balik Lebaran 2024
Illustration: kompas.tv

Pemerintah Izinkan WFH untuk ASN dalam Antisipasi Arus Balik Lebaran 2024

Pemerintah memberikan kesempatan kepada sebagian aparatur sipil negara (ASN) untuk bekerja dari rumah atau work from home (WFH) pada 16-17 April 2024 untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas arus balik Lebaran 2024. Pengumuman mengenai kebijakan WFH itu disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas.

Sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), instansi yang berkaitan langsung dengan pelayanan publik harus tetap bekerja dari kantor (work from office/WFO) 100 persen. Anas menegaskan, pelayanan publik harus tetap berjalan optimal dalam segala situasi.

Berdasarkan Surat Edaran Menteri PANRB Nomor 01 Tahun 2024, kategori ASN yang tidak boleh WFH pada 16-17 April 2024 adalah mereka yang bertugas di bidang layanan masyarakat. Sedangkan ASN yang dilarang WFH adalah mereka yang bekerja di bidang-bidang seperti kesehatan, keamanan dan ketertiban, penanganan bencana, energi, logistik, pos, transportasi dan distribusi, objek vital nasional, konstruksi, dan utilitas dasar.

ASN yang boleh melaksanakan WFH maksimal 50 persen adalah mereka yang bekerja di bidang layanan administrasi pemerintahan, seperti perumusan kebijakan, penelitian, perencanaan, analisis, monitoring, evaluasi, serta dukungan pimpinan seperti kesekretariatan, keprotokolan, dan kehumasan.

Kebijakan WFH ini diterapkan secara ketat dengan tetap mengutamakan kinerja organisasi dan kualitas pelayanan publik. Pemerintah berharap dapat memperkuat manajemen arus balik Lebaran 2024 dengan mengurangi kepadatan lalu lintas di jalan raya.


source : kompas.tv

Tidak ada komentar