Waspada Penularan Flu Singapura Selama Arus Mudik Lebaran - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



Waspada Penularan Flu Singapura Selama Arus Mudik Lebaran

Waspada Penularan Flu Singapura Selama Arus Mudik Lebaran
Illustration: radarsemarang.jawapos.com

Pemkab Kendal Imbau Masyarakat Waspada Flu Singapura

RADARSEMARANG.ID, KENDAL — Pemkab Kendal minta masyarakat waspada terhadap potensi penularan virus flu Singapura. Terlebih pada saat arus mudik dan arus balik lebaran seperti ini, memungkinkan virus mudah menyebar dari penderita yang melakukan perpindahan tempat.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kendal, Sugiono, menjelaskan, saat ini belum terdeteksi masif persebaran Flu Singapura di Kendal. Tapi, perlu diwaspadai karena kasus ini mulai masif terjadi di beberapa wilayah di Indonesia.

Protokol Kesehatan untuk Mencegah Penularan Flu Singapura

Sugiono mengimbau masyarakat agar bisa menjaga kondisi kesehatan. "Warga supaya menerapkan protokol kesehatan (prokes). Supaya terhindar dari flu Singapura yang mengancam," jelasnya.

Sugiono mengatakan, arus mudik Lebaran tahun ini meningkat besar-besaran. Sehingga ada kemungkinan besar banyak yang membawa virus dan berpotensi terjadi peningkatan risiko penularan penyakit.

Gejala Flu Singapura

Sugiono menambahkan, upaya paling efektif mencegah penularan flu Singapura yakni dengan menerapkan prokes. Jika terjangkiti, gejalanya seperti orang flu pada umumnya. Yakni mengalami demam, batuk dan pilek. Tapi selain itu, disertai munculnya bintik-bintik merah di sekitar rongga mulut. Kemudian nafsu makan berkurang dan nyeri perut. “Selain itu terjadi seperti lepuhan di telapak tangan dan kaki,” jelasnya.


Tidak ada komentar