Saksikan Peristiwa Alam Menakjubkan Malam Ini, Hujan Meteor Lyrids! - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



Saksikan Peristiwa Alam Menakjubkan Malam Ini, Hujan Meteor Lyrids!

Saksikan Peristiwa Alam Menakjubkan Malam Ini, Hujan Meteor Lyrids
Illustration: kupang.tribunnews.com

Hujan Meteor Lyrids


Hujan Meteor Lyrids, hujan meteor tertua di Bumi, akan mencapai puncaknya pada Minggu (21/4/2024) hingga Senin (22/4/2024). Lyrids dikenal sebagai salah satu dari empat Hujan Meteor besar yang bisa terjadi setiap tahun. Astronom amatir Indonesia, Marufin Sudibyo mengatakan bahwa hujan meteor Lyrids dapat dilihat di Indonesia.

Penyebab Hujan Meteor Lyrids


Hujan meteor Lyrids terjadi setiap 15-29 April setiap tahunnya saat Bumi berpapasan dengan debu-debu dan remah-remah yang dilepaskan oleh komet Thatcher. Debu dan remahan ini dilepaskan oleh komet Thatcher ketika Bumi bergerak menyusuri lintasannya dalam mengelilingi Matahari.

Puncak Hujan Meteor Lyrids


Puncak hujan meteor Lyrids akan terjadi pada 21-22 April 2024. Diperkirakan jumlah meteor yang terlihat relatif sedikit, sekitar 18 meteor per jam dalam kondisi langit gelap. Meteor-meteor Lyrids akan memasuki atmosfer Bumi dengan kecepatan 47 km per detik. Hujan meteor Lyrids dapat terlihat mulai tengah malam saat rasi bintang Lyra terbit di kaki langit timur hingga menjelang fajar.

Dampak Hujan Meteor Lyrids


Debu-debu yang dibawa oleh hujan meteor Lyrids berukuran sangat kecil dan mayoritas akan menguap saat memasuki atmosfer Bumi. Sedangkan remah-remah komet yang berukuran sedikit lebih besar akan menguap di ketinggian 60 kilometer di atas permukaan laut. Oleh karena itu, masyarakat tidak perlu khawatir akan dampak dari hujan meteor ini.

Asal Nama Lyrids


Nama Lyrids diambil dari nama konstelasi Lyra yang berada di dekatnya. Hujan meteor Lyrids terdiri dari potongan puing Komet C/1861 G1 Thatcher. Hujan meteor Lyrids telah diamati selama 2.700 tahun sejak penampakan pertamanya, yang pertama kali tercatat dilakukan pada 687 SM oleh orang China.

Cara Menyaksikan Hujan Meteor Lyrids


Untuk menyaksikan hujan meteor Lyrids, sebaiknya pergi ke tempat yang minim cahaya buatan seperti di pedesaan atau gunung. Jangan lupa untuk melihat ke arah timur saat rasi bintang Lyra terbit di tengah malam. Selain itu, pastikan langit dalam keadaan gelap agar meteor-meteor Lyrids dapat terlihat dengan jelas.


Tidak ada komentar