Wow, Begini Cara Mudah Membersihkan Teras Rumah Sebelum Idul Fitri - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



Wow, Begini Cara Mudah Membersihkan Teras Rumah Sebelum Idul Fitri

Wow, Begini Cara Mudah Membersihkan Teras Rumah Sebelum Idul Fitri
Illustration: kompas.com

Salah satu persiapan menyambut hari raya Idul Fitri yaitu membersihkan seluruh bagian rumah. Termasuk bagian teras yang juga perlu dibersihkan. Teras yang bersih dan rapi akan membuat suasana rumah terasa lebih menyenangkan. Cara membersihkan teras rumah yang pertama yaitu dengan membersihkan lantai teras. Di sekitar lantai teras biasanya terdapat daun yang berjatuhan atau debu yang menumpuk. Bersihkan lantai teras dengan sapu untuk menghilangkan kotoran yang ada di permukaan. Jika lantai terbuat dari kayu dan komposit, gunakan larutan pembersih khusus dan ikuti petunjuk penggunaannya. Gosok searah dengan serat kayu untuk menghindari terlalu banyak tekanan. Untuk lantai kayu yang lebih keras seperti jati, mahoni, dan kerani, bisa dilap dengan minyak jati minimal dua kali setahun untuk membantu mempertahankan warnanya. Sedangkan untuk kayu yang lebih lunak, cukup oleskan pengawet kayu dengan pernis. Jika ingin mengembalikan kayu yang dicat dan dipernis, gosok dengan ampelas halus dan aplikasikan kembali cat atau pernis.



a hrefsearchlabelmembersihkan20paving20blockmaxresults7membersihkan paving blocka
Illustration: www.youtube.com

Cara membersihkan teras rumah selanjutnya yaitu dengan membersihkan area paving block. Langkah pertama adalah menyingkirkan furnitur dan pot dari area tersebut. Setelah itu, bersihkan gulma yang tumbuh di atas paving block dan bilas dengan air hingga semua bagian bersih. Jika ada lumut di sekitar paving block, maka sebaiknya gosok paving block menggunakan sikat agar paving block bersih dari lumut dan tidak licin.



Tak hanya lantai dan paving block, furnitur yang ditempatkan di teras rumah juga harus dibersihkan. Cara membersihkan furnitur di teras tergantung pada materialnya.



Untuk furnitur kayu keras seperti jati, bisa dilap dengan minyak jati minimal dua kali setahun agar warnanya terjaga. Sedangkan untuk kayu yang lebih lunak, bisa diberi bahan pengawet kayu dan pernis. Jika kayu sudah dicat atau dipernis, maka gosok terlebih dahulu furnitur tersebut dengan ampelas halus, lalu aplikasikan pernis kembali.



membersihkan a hrefsearchlabelfurnitur20aluminiummaxresults7furnitur aluminiuma
Illustration: www.cleanipedia.com

Jika furnitur teras terbuat dari aluminium, bersihkan furnitur dengan lap bersih dan larutan pembersih. Perbaiki cat yang terkelupas dengan melakukan pengecatan ulang. Dengan demikian, furnitur akan terlihat seperti baru.



Untuk furnitur dari plastik, bersihkan furnitur tersebut menggunakan larutan pembersih dan sikat berbulu halus. Jika ada noda, gunakan larutan pemutih ringan untuk menghilangkannya.


Itulah cara membersihkan teras rumah sebelum Idul Fitri. Bersihkan seluruh sudut teras agar rumah terlihat kinclong dan segar saat hari raya.


source : kompas.com


Tidak ada komentar