Wow! Curah hujan tinggi tapi masih kelangkaan air, ini penjelasannya - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



Wow! Curah hujan tinggi tapi masih kelangkaan air, ini penjelasannya

Wow Curah hujan tinggi tapi masih kelangkaan air, ini penjelasannya
Illustration: kompas.tv

Karakteristik lanskap menjadi isu dalam pengelolaan air

Indonesia merupakan salah satu negara dengan curah hujan yang cukup tinggi, namun menghadapi isu kelangkaan air. M. Saparis Soedarjanto, Direktur Perencanaan dan Pengawasan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), menjelaskan bahwa konfigurasi lanskap menjadi salah satu faktor penyebabnya. Indonesia yang merupakan negara kepulauan dengan perbukitan dan pegunungan menyebabkan air akan berakhir di laut, berbeda dengan negara-negara kontinen dalam satu benua yang memungkinkan penampungan air.

Strategi menjaga ketahanan air di negara kepulauan

Pembahasan mengenai karakteristik dan strategi menjaga ketahanan air di negara kepulauan menjadi fokus dalam World Water Forum ke-10 di Bali. Saparis menjelaskan bahwa pengelolaan air di negara kepulauan seperti Indonesia lebih rumit dan berisiko terkait dengan ketahanan air. Pengelolaan air juga harus mempertimbangkan lanskap, di mana pengelolaan hutan atau upaya secara alami menjadi penting dalam meningkatkan retensi atau kemampuan penyimpanan air terutama di hulu.

Pentingnya perpaduan antara upaya alami dan buatan manusia dalam retensi air

Selain upaya alami, retensi air juga dilakukan dengan upaya buatan manusia seperti pembangunan waduk dan bendungan. Perpaduan antara upaya alami dan buatan manusia menjadi penting karena kondisi tertentu yang alami bisa menjadi solusi terhadap permasalahan kualitas air. Pembangunan hutan juga dapat mendorong regulasi air yang lebih baik, meningkatkan kualitas air, dan memastikan suplai air bagi danau serta bendungan yang menjadi sumber air bagi masyarakat.


source : kompas.tv

Tidak ada komentar