Fakta Menarik Tentang South American Sea Lion - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



Fakta Menarik Tentang South American Sea Lion

Fakta Menarik Tentang South American Sea Lion
Illustration: idntimes.com

Habitat Asli South American Sea Lion


South American Sea Lion merupakan hewan endemik asal benua Amerika Selatan. Populasi mereka tersebar luas di beberapa negara di antaranya Argentina, Uruguay, Kolombia, Peru, Ekuador, dan masih banyak lagi. Dilansir laman Animalia, spesies singa laut ini hidup di sepanjang garis pesisir pantai. Ada juga yang hidup di daerah bebatuan dan tebing yang dekat dengan laut. Mereka adalah hewan karnivora dan memangsa ikan serta berbagai jenis krustasea.


Kebiasaan Hidup di Alam Liar


South American Sea Lion aktif beraktivitas di siang hari dan hidup dalam kelompok. Kelompok ini terdiri dari beberapa betina serta seekor jantan yang menjadi pemimpin dan melindungi anggotanya. Mereka bersifat teritorial dan sering terlihat berkonflik di habitatnya, bahkan saling bertarung hingga cedera serius.


Ciri Khas Fisik


South American Sea Lion merupakan mamalia berukuran besar. Seekor south american sea lion dewasa dapat mencapai berat badan 350 kilogram dan panjang 2,5 meter. Tubuh mereka ditutupi oleh bulu berwarna coklat tua. Jantan memiliki leher yang tebal dan berotot, serta ukuran tubuh yang lebih besar dibandingkan betina. Di dalam air, mereka dapat bergerak hingga kecepatan 40 KM/jam.


Sistem Reproduksi


South American Sea Lion menerapkan sistem perkawinan poligini di mana sang jantan dapat berkembang biak dengan banyak betina. Mereka mencari pasangan dengan cara saling ciuman dan sedikit gigitan manja. Musim kawin singa laut ini terjadi pada bulan Agustus hingga Desember. Masa kehamilan betina berlangsung selama 12 bulan dan hanya melahirkan seekor anak. Anak singa laut akan dibesarkan di dalam kelompok. South American Sea Lion mencapai tingkat kematangan seksual pada usia 6 tahun.


Populasi yang Masih Stabil


Menurut IUCN, jumlah populasi South American Sea Lion di alam liar saat ini tersisa lebih dari 400 ribu ekor. Meskipun jumlahnya masih banyak, mereka belum dikategorikan sebagai hewan dilindungi. Namun, populasi mereka terus berkurang karena perburuan ilegal untuk bulunya dan menjadi santapan hewan predator seperti puma dan paus. South American Sea Lion dapat bertahan hidup hingga usia 30 tahun.


source : idntimes.com


Tidak ada komentar