Tradisi Anyaman Rambut Khas Papua: Simbol Kecantikan yang Tersembunyi - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



Tradisi Anyaman Rambut Khas Papua: Simbol Kecantikan yang Tersembunyi

Tradisi Anyaman Rambut Khas Papua: Simbol Kecantikan yang Tersembunyi
Foto Ilustrasi sumber: indonesiakaya.com

Menyelami Tradisi Anyaman Rambut Papua

Sering lihat perempuan dengan anyaman rambut di Papua? Tradisi ini ternyata melambangkan kecantikan, lho! Perempuan Papua memang cukup populer dengan gaya rambutnya yang kerap seperti dikepang, namun dengan bentuk yang khas. Yup, anyaman rambut khas Papua ini merupakan tradisi turun-temurun yang diwarisi oleh masyarakat Papua sejak dulu. Kalau kamu berpikir anyaman tersebut hanya sebatas gaya atau trend, sebenarnya anyaman tersebut punya makna lebih dari itu. Masyarakat Papua menganggap anyaman rambut itu sebagai sebuah kebanggaan untuk para perempuan, lho. Yuk intip cerita di balik tradisi ini!


Setiap Anyaman Memiliki Makna di Baliknya

Seperti yang sudah saya bilang sebelumnya, anyaman rambut Papua ini bukan cuma sebagai gaya fashion, tetapi menjadi simbol kecantikan. Menurut masyarakat Papua, tradisi ini melambangkan kecantikan khas perempuan papua yang sulit tergantikan dan nggak ternilai oleh apapun. Makanya, nggak semua orang pula bisa membuat anyaman tersebut. Nggak hanya itu saja, setiap anyaman juga punya arti yang berbeda-beda. Pola-pola tersebut bisa menunjukkan asal suku, umur, bahkan agama. Menarik banget, ya?


Proses Menganyam Rambut Nggak Semudah Itu

Kalau mengepang rambut, mungkin kelihatan nggak susah, ya? Tapi berbeda dengan menganyam rambut seperti perempuan Papua. Nyatanya, proses penganyaman ini cukup rumit dan perlu keterampilan. Meskipun nggak perlu pelatihan khusus, tapi tetap saja harus dilakukan dengan teliti. Untuk menganyam rambut, biasanya dimulai dengan memilah rambut menjadi beberapa bagian dengan menggunakan sisir. Lalu, setiap bagian dikepang dengan ukuran yang nggak terlalu besar. Proses ini dilakukan terus-menerus pada setiap bagian yang sudah dipilah, sehingga menciptakan anyaman rambut yang cantik. Nah, meski terdengar sederhana, kamu harus melakukannya dengan tepat yaitu memastikan kondisi ikatan kuat dan rapi, agar anyaman nggak mudah terlepas.


Tradisi yang Mengungkapkan Kecantikan

Nah, itu dia fakta tentang anyaman rambut khas Papua. Jadi, bukan hanya untuk gaya-gayaan saja, tetapi anyaman tersebut jadi simbol kecantikan para perempuan Papua. Kamu sendiri, tertarik untuk mencoba gaya rambut tersebut, nggak? Comment di bawah, ya!


HALAMAN SELANJUTNYA:

Video Terkait:

Tidak ada komentar