Minuman Dingin Dalam Mengatasi Batuk Pilek - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



Minuman Dingin Dalam Mengatasi Batuk Pilek

Minuman Dingin Dalam Mengatasi Batuk Pilek
Ilustrasi: hellomalinda.blogspot.co.id

Minuman dingin kerap disarankan dikonsumsi saat batuk dan pilek. Namun, benarkah minuman dingin memengaruhi kondisi batuk-pilek? Dokter spesialis anak-konsultan Rina Triasih mengatakan bahwa anak sebaiknya tidak mengonsumsi minuman dingin selama sakit. Suhu dingin dapat mempengaruhi saluran napas dan mengganggu gerakan 'rambut getar' yang memicu batuk serta memperbanyak produksi lendir.



minuman hangat sebagai pengganti minuman dingin
Ilustrasi: www.liputan6.com

Sebaliknya, anak yang sedang mengalami batuk pilek disarankan untuk mengonsumsi makanan dan minuman hangat. Selain membuat tubuh lebih nyaman, minuman hangat juga membantu mengencerkan dahak atau lendir. Oleh karena itu, minuman hangat dapat menjadi alternatif yang lebih baik dalam mengatasi batuk pilek pada anak.



Orang tua tidak perlu terlalu khawatir dan buru-buru memberikan obat pada anak yang mengalami batuk pilek. Selesma merupakan penyakit self-limited yang dapat sembuh dengan sendirinya. Selain itu, tidak ada obat yang efektif untuk menyembuhkan selesma. Gejala batuk dan pilek biasanya akan hilang setelah hari ke-7 hingga ke-10. Yang perlu dilakukan adalah memastikan anak mendapatkan asupan cairan dan nutrisi yang tepat serta istirahat yang cukup.


HALAMAN SELANJUTNYA:

Tidak ada komentar