Paul Alexander, Pengidap Polio Seumur Hidup, Meninggal pada Usia 78 Tahun - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



Paul Alexander, Pengidap Polio Seumur Hidup, Meninggal pada Usia 78 Tahun

Paul Alexander, Pengidap Polio Seumur Hidup, Meninggal pada Usia 78 Tahun
Illustration: allthatsinteresting.com

Polio, Penyakit Menular yang Mempengaruhi Anak-anak

Paul Alexander, seorang pengidap polio yang menghabiskan hampir seluruh hidupnya dalam paru-paru besi atau iron lung, telah meninggal pada usia 78 tahun. Polio, juga dikenal sebagai poliomielitis, adalah penyakit virus yang sangat menular yang terutama mempengaruhi anak-anak di bawah usia lima tahun. Penyakit ini biasanya ditularkan dari satu orang ke orang lain melalui kontak dengan kotoran dari individu yang terinfeksi, atau melalui bersin atau batuk seseorang.


Paru-paru Besi atau Iron Lung, Perangkat Penyelamat bagi Penderita Polio

Paru-paru Besi atau Iron Lung
Illustration: batam.tribunnews.com

Sementara paru-paru besi atau iron lung diperkenalkan sebagai hasil dari epidemi polio yang terjadi di Eropa dan AS selama paruh pertama abad ke-20. Paru-paru besi pertama digunakan pada tahun 1928 untuk menyelamatkan nyawa seorang gadis berusia delapan tahun di Boston Children’s Hospital. Perangkat ini adalah silinder horizontal besar yang bertindak sebagai respirator buatan, yang bekerja dengan meniru proses pernapasan manusia. Alexander adalah salah satu dari sedikit orang terakhir yang menggunakan paru-paru besi atau iron lung karena polio.


Alexander, Korban Polio di Tengah Tidak Adanya Vaksin Efektif

Alexander tertular penyakit virus ini saat berusia enam tahun, pada musim panas tahun 1952 saat ia tinggal di Texas. Pada saat itu, vaksin polio yang efektif masih belum dilisensikan hingga tahun 1955. Meskipun banyak orang yang terkena polio tidak menunjukkan gejala apa pun, sekitar satu dari 200 orang menjadi lumpuh seumur hidup. Di antara mereka yang lumpuh, antara lima persen hingga sepuluh persen meninggal karena otot-otot yang dibutuhkan untuk bernapas berhenti bekerja.



source : jawapos.com

Tidak ada komentar