Tidur Siang: Durasi dan Waktu yang Tepat untuk Kesehatan - xwijaya

Tidak menemukan artikel? cari disini



Tidur Siang: Durasi dan Waktu yang Tepat untuk Kesehatan

Tidur Siang: Durasi dan Waktu yang Tepat untuk Kesehatan

Menurut survei Sleep Foundation, orang dewasa rata-rata tidur siang selama satu jam. Namun, tidur siang selama satu jam dianggap terlalu lama dan dapat membuat Anda terbangun dengan perasaan pening. Ahli merekomendasikan tidur siang selama 20-30 menit agar Anda merasa lebih energik setelah bangun.

Pengaturan alarm selama 30 menit dapat membantu Anda <a href='/search/label/tidur/?&max-results=7'>tidur</a> siang selama 20 menit dan beristirahat selama 10 menit
Ilustrasi: gaya.tempo.co

Tidak ada waktu tidur siang yang ideal, tetapi disarankan untuk tidur siang sekitar 8-9 jam sebelum tidur malam hari. Tidur siang setelah pukul 15.00 dapat mengganggu tidur malam, jadi disarankan untuk tidur siang sebelum pukul 15.00.

Memilih waktu <a href='/search/label/tidur/?&max-results=7'>tidur</a> siang sebelum pukul 15.00 dapat membantu menjaga kualitas <a href='/search/label/tidur/?&max-results=7'>tidur</a> malam Anda
Ilustrasi: ringtimesbanyuwangi.pikiran-rakyat.com

Tidur siang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan:

  1. Meningkatkan konsentrasi dan daya ingat
  2. Mengurangi stres dan kelelahan
  3. Meningkatkan kreativitas dan produktivitas
  4. Meningkatkan suasana hati
  5. Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah
  6. Membantu tidur malam yang nyenyak

Jika Anda menderita insomnia, tidur siang sebaiknya dilakukan di permukaan yang nyaman seperti sofa, bukan di tempat tidur. Namun, jika Anda tidak menderita insomnia, tidur siang di tempat tidur tidak masalah.

Tidur siang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, tetapi perlu diingat untuk tidak tidur siang terlalu lama agar tidak mengganggu jadwal tidur malam Anda. Selalu prioritaskan kualitas tidur Anda dan pilih durasi dan waktu tidur siang yang tepat untuk Anda.


HALAMAN SELANJUTNYA:

Tidak ada komentar